Main Article Content

Abstract

 

Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang mudah dibuat, praktis, yang sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran, sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didik, dan peserta mampu memahami konsep, tata cara membuat serta mampu mengimplementasikan Big Book pada proses kegiatan belajar di kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan ini menerapkan beberapa metode diantaranya adalah In house Training, ceramah dan mentoring. Adapun hasil dari pelatihan dan pendampingan ini melatih keterampilan peserta dalam merancang dan membuat sendiri media pembelajaran Big Book yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didiknya, menghasilkan Big book yang sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran, serta mampu mengimplementasikan Big Book pada proses kegiatan belajar di kelas. Adapun kesimpulan dari kegiatan ini adalah pentingnya membuat media pembelajaran sendiri yang dapat disesuaikan dengan capaian tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan lebih bermakna.

Keywords

Big Book Karakteristik Keterampilan Kognitif Media Pembelajaran

Article Details

Author Biographies

Srikandi Octaviani, STKIP PGRI METRO

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Alif Via Sufianti, STKIP PGRI METRO

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hanifah Fitria Azizah, STKIP PGRI METRO

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Winie Setia Prilapnita Hapsari, STKIP PGRI METRO

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Winda Maharani, STKIP PGRI METRO

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
How to Cite
Octaviani, S., Sufianti, A. V., Azizah, H. F., Hapsari, W. S. P., & Maharani, W. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Big Book Pada Guru Sekolah Dasar di Kota Metro. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21420

References

  1. Anam, M. C., Kartiani, B. S., Muzanni, A., & Ahmad, S. H. (2020, Juni). Pelatihan Penyusunan Big Book Sebagai Media Pembelajaran Literasi DI SD Negeri 2 Medana. Intan Cendikia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-21.
  2. Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book Pada Tema Kewajiban dan Hakku Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105-111.
  3. Corinorita. (2017, Maret). Pelaksanaan In House Training untuk meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP di Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(1), 117-122.
  4. Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemmapuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 65-72.
  5. Faisal, M., Nurhaedah, Rohana, Bahar, & Latri. (2022). PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Di Kelas Awal Bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(1), 22-29.
  6. Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2020, November 18). Media Belajar Big Book dalam mengembangakn Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 4(1), 238.
  7. Kasmawati, Parizu, C. Z., Sisi, L., & Juwariyah, A. (2022). Pelatihan Pengembangan dan Penerapan Media Big book untuk Pembelajran Membaca yang MEA (menyennagkan dan Aktif) bagi Guru-Guru SDN 30 Kendari. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 134.
  8. Khairiyah, U. (2019). Pendampingan Penggunaan Media Literasi BIG BOOK Siswa Kelas Awal Di Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 42-47.
  9. Kurniaman, O., & Sismulyasih, N. (2019). The Infuence of The Big Book Media Has The Character of Conservation In Early Reading. ELS-JISH: ELS Journal On Interdisciplinary Studies On Humanities, 2(1), 141-147.
  10. Kusumadewi, H., & Reknosari. (n.d.). Sosialisasi Penggunaan Media Big Book dalam Penerapan Membaca Permulaan dan Peningkatan Kosakata Siswa. Jurnal Abdimas UMTAS, 3(2), 274-278.
  11. Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49-58.
  12. Mulyati, Y. (2017). Kosakata Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah (Kajian Jenis Kata, Bentuk Kata, Jenis Makna, dan Medan Makna). Bahasa dan Seni, 45(1), 99-107.
  13. Nitiasih, P. K., Putra, N. A., Mahayanti, N. W., & Rahayu, B. L. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Big Book Bagi Guru SD Di Kecamatan Karangasem. Prosiding SENADIMAS, 4, pp. 449-457.
  14. Rahayu, S. (2019). Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas II SD NEgeri 153 Walimpong Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
  15. Ramadhani, P. K., & Kustiawan, U. (2017, January). The Effect Of The Big Book Media Usage To SImple Senetences Reading Ability For Third Grader With intellectual Disability On ELementary School For Special Needs. Journal Of ICSAR, 1(1), 42-45.
  16. Soemantri. (2012). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Tatminingsih, S. (2022). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057-1069.
  18. Wahyuni, S., & Retanida. (2020, Maret). Storytelling Using Big Book to Improve Children's Listening Skill. Jurnal Of Early Childhood Care And Education, 3(1), 49-61.