Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kecepatan efektif membaca teks nonfiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 32 orang yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes. Validitas dan reabilitas diakukan dengan cara validitas isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan deskripsi penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil tes kecepatan efektif membaca teks nonfiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu termasuk ke dalam kategori sedang, dan rata-rata hasil tes kecepatan efektif membaca teks nonfiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu menunjukkan hasil kecepatan efektif membaca dengan skor tertinggi yang dicapai oleh responden dengan persentase pemahaman 79% dan rata-rata waktu yang digunakan adalah 1.89 menit. Data tersebut merupakan hasil tes responden siswa sebanyak 32 orang.

Article Details

References

  1. Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  2. Harjasujana dan Mulyati, A. S. 1997. Membaca 2. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
  3. Hatmanti Siti, G. 2017. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Cepat Siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 1 Curup Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol1, No 1:Agustus 2017https:/ejournal.unib.ac.id/index.php/artcle/view%20/4161/2299
  4. Nugroho Rianto, I.2019. Panduan Komplet Menulis Kreatif. Yogyakarta:PKB.
  5. Nurhadi.2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca: Suatu teknik Memahami Literartur yang Efisien. Bandung: SiBaru Algensindo.
  6. Priyantini, R. 2014. Kecepatan Efektif Membaca Siswa Di SMP Negeri Se-Kecamatan Cangkringan, SLeman,Yogyakarta. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Yogyakarta.
  7. Subyantoro.2011. Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Tampubolon, D.1990. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Fektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
  9. Tarigan, H. G.1978. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa