IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERTEMA KONSERVASI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Aprilia Intan Asmara(1), Heny Friantary(2), Ixsir Eliya(3),
(1) Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia
(3) Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia

Abstract


Pendidikan merupakan sarana yang digunakan untuk memperoleh suatu proses pembelajaran yang berguna untuk mengembangkan kemampuan peserta didik serta sebagai usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan media gambar bertema konservasi lingkungan pada pembelajaran menulis puisi. (2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung penerapan media gambar bertema konservasi lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa temuan mengenai implementasi penggunaan media gambar bertema konservasi lingkungan pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas X TKJ SMK Negeri 6 Kota Bengkulu yaitu: (1) perencanaan yang dilakukan oleh guru dan siswa sebelum pembelajaran Bahasa Indonesia dalam implementasi penggunaan media gambar bertema konservasi lingkungan (2) pelaksanaan  implementasi penggunaan media gambar bertema konservasi lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X TKJ (3) evaluasi implementasi penggunaan media gambar bertema konservasi lingkungan pada pembelajaran menulis puisi hanya dilakukan di akhir pembelajaran berupa hasil menulis puisi.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Anas Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Pengantar Prof. Dr. H Mahmud, M. Si. Bandung: Pustaka Setia.

Arsyad Azhar. 2019. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Pengembangan Bahasa Kemendikbud RI. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Djojosuroto Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Henry Guntur Tarigan. 2013. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.

Isah Cahyani. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana Syaodah Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmat Djoko Pradopo. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Fress.

Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Syaiful Bahri dan Djamarah Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara




DOI: https://doi.org/10.33369/jwacana.v19i2.16940

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aprilia Intan Asmara, Heny Friantary, Ixsir Eliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal WACANA is indexed on:

     

 License by:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.