Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menerapkan Sentence Decomposition pada mata kuliah Academic Reading. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi apakah strategi Sentence Decomposition dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami reading text. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester III program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu yang sedang mengambil mata kuliah Academic Reading. Jumlah peserta dalam penelitian ini adalah 43 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Fase-fase penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi/ceklis, dan modul. Hasil tes siklus 2 pada penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan 70 meningkat menjadi 86% atau meningkat sebanyak 14% dibandingkan hasil tes siklus 1. Hasil ini mengindikasikan bahwa indikator kesuksesan telah tercapai yang berarti strategi Sentence Decomposition terbukti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa memahami teks.

Keywords

sentence decomposition reading text reading comprehension strategi

Article Details

References

  1. Agustina. (2008). Pembelajaran keterampilan membaca. Padang: FBSS UNP.
  2. Carnine, D. W., Silbert, J., Kame’enui, E. J. & Tarver, S.G. (2010). Direct instruction reading. Excerpts. 4th & 5th Ed.
  3. Eisenberg, S. L. (2006). Grammar: How can I say that better? In T. A. Ukrainetz (Ed), Contextualized language intervention: Scaffolding pre-K-12 literacy achievement (pp. 145-194). Eau Claire, WI: Thinking Publications.
  4. Fountas, I.C., & Pinnel, G.S. (1996). Guided reading: Good first teaching for all children. Portsmouth: Heinemann Publisher.
  5. Justice, L. M., & Ezell, H. K. (2002). The syntax handbook: Everything you knew about syntax...but forgot. Greenville, SC: Thinking Publication.
  6. Kame’enui, E. J., Carnine, D., & Dixon, R. C. (2002). Introduction In E. J. Kame’enui, D. W. Carnine, R. C. Dixon, D. C. Simmons, & M. Coyne (Eds.), Effective teaching strategies that accommodate diverse learners (2nd ed., pp.1-21) Upper Saddle River, NJ: Merril.
  7. Kemmis, Stephen and Robert L. Taggart. (1998). The action research planner (3rd ed). Victoria: Deakin University.
  8. Merritt, D. D., & Culatta, B. (1998). Language intervention in the classroom. Baltimore, MD: Brookes.
  9. Nurhadi. (2010). Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Malang: Sinar Baru Algensindo.
  10. Owens, R. E. (2016). Language development: An introduction (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.
  11. Paul, R. E. (2012). Language disorders from infancy through adolescence: Listening, speaking, reading, writing, and communicating (4th ed.) St. Louis. MO: Mosby.
  12. Scott, C. M., & Balthazar, C. H. (2010). The grammar of information: Challenges for older students with language impairments. Topics in Language Disorders, 30, 288-307.
  13. Snow, C. E., & Kim, Y. (2010). Syntactic and discourse structures: What should fourth and fifth graders know and be able to do? Retrieved from http://www.reading.org/libraries/book-supplements/bk767supp-snowkim.pdf
  14. Scrivener, J. (1994). Learning teaching. Oxford: Macmillan Heinemann English Language Teaching.
  15. Supiningsih. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan membaca dalam pelajaran bahasa Inggris dengan strategi Choral Reading melalui powerpoint. Jurnal Wacana Akademika Vol. 1 No. 2 (2017)
  16. Suyoto. (2008). Panduan penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
  17. Syahputera, I. (2016). Guided reading strategy to improve reading comprehension. English Education Journal Vol. 7 No. 2 (2016).
  18. Wallach, G. P., & Miller, L. (1988). Language intervension and academic success. Austin, TX: PRO-ED.
  19. Zipoli, R. P. (2017). Unraveling difficult sentences: Strategies to support reading comprehension. Journal of Intervention in School and Clinic, Vol. 52 (4) 218-227.