Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi pengaruh teknik STAD terhadap keterampialn berbicara dan partisipasi siswa di kelas. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMAN 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 168 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IPA 4 dan IPA 5 yang masing-masing terdiri 27 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan mengunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes berbicara dan lembar observasi partisipasi kelas. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t dan analisis varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan teknik STAD memberikan pengaruh signifikan terhadap (1) pencapaian keterampilan berbicara siswa; (2) partisipasi siswa di kelas; (3) keterampilan berbicara siswa dan partisipasinya di kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik STAD memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa dan partisipasinya di kelas XI SMAN 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012.
Kata Kunci: STAD Technique, Speaking Skill, Class Participation.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.