Main Article Content

Abstract

Kegiatan pendampingan peningkatan karier guru-guru SMP melalui MGMP SMP di Kabupaten Seluma ini bertujuan untuk optimalisasi hasil forum ilmiah guru yang dilaksanakan guru secara teratur dan terstruktur. Evaluasi penyelenggaran kegiatan MGMP dalam beberapa tahun terakhir dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut kurang produktif dalam menghasilkan karya ilmiah. Kegiatan MGMP selama ini lebih sering digunakan sebagai wahana sosialisasi dan pemantapan
program-program pendidikan baik dari pusat (kementerian), provinsi, maupun daerah (kab.kota). Memperhatikan hal tersebut, dipandang perlu untuk memberikan asistensi kepada para guru peserta MGMP agar lebih produktif menghasilkan karya ilmiah berupa laporan penelitian maupun artikel jurnal untuk ilmiah. Proses produksi karya ilmiah oleh guru akan berdampak ganda, pertama menyelesaikan problem-problem pembelajaran dalam kelas dan kedua menunjang kemajuan karier profesional guru. Karya ilmiah yang dirancang akan dihasilkan dari kegiatan
pendampingan ini berupa: (a) proposal penelitian yang disusun oleh guru peserta MGMP; (b) laporan penelitian yang disusun oleh guru peserta MGMP; dan (c) artikel ilmiah yang layak muat dalam jurnal ilmiah dan/atau prosiding seminar. Metode pelaksanaan kegiatan yang diterapkan dalam pendampingan ini adalah: (a) kegiatan terpusat dalam bentuk lokakarya mingguan di salah satu sekolah dengan kegiatan merencanakan penelitian berbasis kelas, penulisan laporan, serta penulisan artikel ilmiah, dan (b) kegiatan kerja mandiri guru di sekolah masing-masing untuk mengimplementasikan rencana penelitian yang disusun saat lokakarya mingguan.

Kata Kunci: pendampingan, karir guru, MGMP, Seluma

Article Details