Main Article Content
Abstract
Kegiatan pendampingan peningkatan karier guru-guru SMP melalui MGMP SMP di Kabupaten Seluma ini bertujuan untuk optimalisasi hasil forum ilmiah guru yang dilaksanakan guru secara teratur dan terstruktur. Evaluasi penyelenggaran kegiatan MGMP dalam beberapa tahun terakhir dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut kurang produktif dalam menghasilkan karya ilmiah. Kegiatan MGMP selama ini lebih sering digunakan sebagai wahana sosialisasi dan pemantapan
program-program pendidikan baik dari pusat (kementerian), provinsi, maupun daerah (kab.kota). Memperhatikan hal tersebut, dipandang perlu untuk memberikan asistensi kepada para guru peserta MGMP agar lebih produktif menghasilkan karya ilmiah berupa laporan penelitian maupun artikel jurnal untuk ilmiah. Proses produksi karya ilmiah oleh guru akan berdampak ganda, pertama menyelesaikan problem-problem pembelajaran dalam kelas dan kedua menunjang kemajuan karier profesional guru. Karya ilmiah yang dirancang akan dihasilkan dari kegiatan
pendampingan ini berupa: (a) proposal penelitian yang disusun oleh guru peserta MGMP; (b) laporan penelitian yang disusun oleh guru peserta MGMP; dan (c) artikel ilmiah yang layak muat dalam jurnal ilmiah dan/atau prosiding seminar. Metode pelaksanaan kegiatan yang diterapkan dalam pendampingan ini adalah: (a) kegiatan terpusat dalam bentuk lokakarya mingguan di salah satu sekolah dengan kegiatan merencanakan penelitian berbasis kelas, penulisan laporan, serta penulisan artikel ilmiah, dan (b) kegiatan kerja mandiri guru di sekolah masing-masing untuk mengimplementasikan rencana penelitian yang disusun saat lokakarya mingguan.
Kata Kunci: pendampingan, karir guru, MGMP, Seluma
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.