Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan diskripsi dan meningkatkan pengembangan karakter siswa melalui model Student Team Achievement dengan lingkungan pada siswa kelas V C SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V C Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V C Kota Bengkulu tahun pelajaran 2015/2016. Data yang digunakan dalam metode ini adalah teknik tes, yang berupa tes kemampuanmenulis laporan.Penelitian dilakukan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian tindakan kelas pada terapan model Student Team Achievement (STAD)dengan lingkungan yang diambil kesimpulan antara lain: 1) Kualitas proses pembelajaran meningkat yaitu mencapai kategori “baik”. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap aspeknya,sepertiaspek kognitif, dan aspek karakter, yaitu: a) Hasil pembelajaran dari aspek kognitif meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai tes di siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 33,33% dengan nilai rata-rata 65,4 kemudian meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 93,93% dengan rata-rata 76,30. b) Hasil pembelajaran karakter siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II itu dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap aspek karakter siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci: Student Team Achievment Divisions (STAD), Lingkungan, Keterampilan menulis karangan, mengembangkan karakter.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.