PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM CHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V C SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Sahindia Sahindia(1),
(1) Universitas Bengkulu, 

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan diskripsi dan meningkatkan pengembangan karakter siswa melalui model Student Team Achievement dengan lingkungan pada siswa kelas V C SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V C Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V C Kota Bengkulu tahun pelajaran 2015/2016. Data yang digunakan dalam metode ini adalah teknik tes, yang berupa tes kemampuanmenulis laporan.Penelitian dilakukan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian tindakan kelas pada terapan model Student Team Achievement (STAD)dengan lingkungan yang diambil kesimpulan antara lain: 1) Kualitas proses pembelajaran meningkat yaitu mencapai kategori “baik”. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap aspeknya,sepertiaspek kognitif, dan aspek karakter, yaitu: a) Hasil pembelajaran dari aspek kognitif meningkat, hal ini dapat dilihat dari nilai tes di siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal 33,33% dengan nilai rata-rata 65,4 kemudian meningkat pada siklus II dengan ketuntasan belajar klasikal 93,93% dengan rata-rata 76,30. b) Hasil pembelajaran karakter siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II itu dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap aspek karakter siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II.

Kata Kunci: Student Team Achievment Divisions (STAD), Lingkungan, Keterampilan menulis karangan, mengembangkan karakter.


Full Text:

PDF

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Jurnal WACANA is indexed on:

 Licence by:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.