Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan apa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita siswa dengan menggunakan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Curup Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian seorang guru dan dua puluh delapan orang siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Oktober 2015, terdiri dari tiga siklus. Rancangan penelitian melibatkan guru, kepala sekolah, peneliti, yang dalam keseluruhan kegiatan
meliputi: (1) perumusan masalah, penyatuan ide tentang peningkatan kemampuan menulis siswa kelas VII A, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) refleksi, (6) evaluasi dan revisi, (7) penyimpulan hasil. Pengumpulan data melalui pengamatan uji keabsahan data menggunakan teknik tes dan teknik obervasi dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data tentang kemampuan menyimak berita dilakukan
secara kuantitatif dan kualitatif. model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) bertujuan meningkatkan: hasil belajar siswa, Perhatian dan aktivitas siswa kelas VII A SMPN 2 Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong mengalami peningkatan sesudah dilakukan tindakan. Kepala Sekolah, guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama menanggapi dengan positif terhadap pembelajaran menyimak berita dengan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT).

Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak Berita, Model Kooperatif, Pembelajaran

Article Details