Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan apa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita siswa dengan menggunakan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Curup Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian seorang guru dan dua puluh delapan orang siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Oktober 2015, terdiri dari tiga siklus. Rancangan penelitian melibatkan guru, kepala sekolah, peneliti, yang dalam keseluruhan kegiatan
meliputi: (1) perumusan masalah, penyatuan ide tentang peningkatan kemampuan menulis siswa kelas VII A, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) refleksi, (6) evaluasi dan revisi, (7) penyimpulan hasil. Pengumpulan data melalui pengamatan uji keabsahan data menggunakan teknik tes dan teknik obervasi dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data tentang kemampuan menyimak berita dilakukan
secara kuantitatif dan kualitatif. model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) bertujuan meningkatkan: hasil belajar siswa, Perhatian dan aktivitas siswa kelas VII A SMPN 2 Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong mengalami peningkatan sesudah dilakukan tindakan. Kepala Sekolah, guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama menanggapi dengan positif terhadap pembelajaran menyimak berita dengan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT).
Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak Berita, Model Kooperatif, Pembelajaran
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.