Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan keterampilan membacakan teks berita pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan bulan Agustus 2015 s.d September 2015. Data penelitian ini adalah nilai tes dari aspek kemampuan membacakan teks berita. Sumber data dalam penelitian (1) siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kepahiang, (2) observer, (3) Dokumen. Teknik pengumpulan data (1) teknik tes, (2) teknik non tes. Teknik data dengan menghitung nilai rata-rata kemampuan membacakan teks berita. Hasil penelitian ini nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 72,75 dan tergolong dalam kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,25 dan tergolong dalam kategori baik, pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 80,39 dalam kategori baik. pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan rekaman video berita dapat meningkatkan kemampuan membacakan teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kepahiang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan membacakan teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kepahiang setelah dilakukan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan media rekaman video berita.

Kata Kunci: Kemampuan Membacakan Teks Berita, Media Rekaman Video Berita.

Article Details