Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan keterampilan membacakan teks berita pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan bulan Agustus 2015 s.d September 2015. Data penelitian ini adalah nilai tes dari aspek kemampuan membacakan teks berita. Sumber data dalam penelitian (1) siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kepahiang, (2) observer, (3) Dokumen. Teknik pengumpulan data (1) teknik tes, (2) teknik non tes. Teknik data dengan menghitung nilai rata-rata kemampuan membacakan teks berita. Hasil penelitian ini nilai rata-rata pada siklus 1 mencapai 72,75 dan tergolong dalam kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,25 dan tergolong dalam kategori baik, pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 80,39 dalam kategori baik. pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan rekaman video berita dapat meningkatkan kemampuan membacakan teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kepahiang. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan membacakan teks berita siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kepahiang setelah dilakukan pembelajaran membacakan teks berita dengan menggunakan media rekaman video berita.
Kata Kunci: Kemampuan Membacakan Teks Berita, Media Rekaman Video Berita.
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.