Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini(1) menggambarkan nilai-nilai pendidikan dalam teks lagu Rejang kepahiang.(2).Mendeskripsikan konteks budaya Rejang kepahiang dalam Lagu Rejang kepahiang..Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana dengan pendekatan makrostruktural.Data-data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1). mentranskripsi data. (2). membaca teks. (3). menentukan analisiss data. (4). memaknai teks. (5).menganalisis data.(6)membuat inferensi. (7).membuat kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran(1).nilai-nilai pendidikan dalam teks lagu Rejang kepahiang berupa nilai moral seperti;keteladanan, kasih sayang,gotong-royong,optimis,hidup mandiri,bertanggungjawab,dan juga ada nilai budaya seperti menjunjung tinggi adat-istiadat yang berlaku,serta nilai religius yaitu bertakwa,berserah diri pada Tuhan,menepati janji.(2).Konteks budaya yang ada dalam teks lagu rejang Kepahiang adalah adanya budaya hidup mandiri, menepati janji,disiplin,gotong-royong dan cinta tanah air.s. Dalam budaya Rejang seseorang yang mampu hidup mandiri adalah orang yang sangatdihormati. Begitu juga seseorang yang sudah berjanji harus ditepati,bila dia mengingkari janji maka akan mencoreng nama baik dirinya dan keluarganya.
Kata Kunci: Kajian, nilai pendidikan, teks lagu rejang
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.