Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini(1) menggambarkan nilai-nilai pendidikan dalam teks lagu Rejang kepahiang.(2).Mendeskripsikan konteks budaya Rejang kepahiang dalam Lagu Rejang kepahiang..Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana dengan pendekatan makrostruktural.Data-data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1). mentranskripsi data. (2). membaca teks. (3). menentukan analisiss data. (4). memaknai teks. (5).menganalisis data.(6)membuat inferensi. (7).membuat  kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran(1).nilai-nilai pendidikan dalam teks lagu Rejang kepahiang berupa nilai moral seperti;keteladanan, kasih sayang,gotong-royong,optimis,hidup mandiri,bertanggungjawab,dan juga ada nilai budaya seperti menjunjung tinggi adat-istiadat yang berlaku,serta nilai religius yaitu bertakwa,berserah diri pada Tuhan,menepati janji.(2).Konteks budaya yang ada dalam teks lagu rejang Kepahiang adalah adanya budaya hidup mandiri, menepati janji,disiplin,gotong-royong dan cinta tanah air.s. Dalam budaya Rejang seseorang yang mampu hidup mandiri adalah orang yang sangatdihormati. Begitu juga seseorang yang sudah berjanji harus ditepati,bila dia mengingkari janji maka akan mencoreng nama baik dirinya dan keluarganya.


Kata Kunci: Kajian, nilai pendidikan, teks lagu rejang

Article Details