Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerita rakyat Rejang di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Metode penelitian ini adalah penelitian analisis deskriftif kuantitatif untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama berdasrakan cerita rakyat rejang pada siswa kelas XI IPA SMAN 4 Rejang Lebong Bengkulu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel yang digunakan adalah random sampling, instrumen penelitian yang digunakan berupa hasil tes siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerita rakyat Rejang. Hasil penelitian dapat dikemukakan berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, menunjukan bahwa kemampuan menulis naskah drama berdasarkan cerita rakyat Rejang di kelas XI IPA SMAN 4 Rejang Lebong berkategori baik. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa 76,5.
Kata kunci: Menulis Naskah Drama, Berdasarkan Cerita Rakyat Rejang
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.