Main Article Content

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran gerak dasar melempar dan menangkap belum berjalan dengan maksimal, 2) Hampir sebagian besar siswa merasa kurang percaya diri, 3) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sesungguhnya kurang variatif, 4) Sarana dan prasarana sekolah yang memadai untuk mengembangkan model pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil siswa melalui model pembelajaran softball dengan menggunakan alat bantu modifikasi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mendalam tentang penerapan permainan softball menggunakan pendekatan alat modifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan objek pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas Siswa kelas VII di SMP Cahaya Pengharapan Abadi,  yang  berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di tiga siklus. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat bantu pembelajaran melempar dan menangkap mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Cahaya Pengharapan Abadi sebesar 14 siswa (44%) yang tuntas.  Sedangkan jika dilihat dari siswa yang belum belum tuntas pada siklus II sebanyak hanya tersisa sebesar 5 siswa (15.63%) belum tuntas jika dibandingkan dengan siklus I yaitu sebanyak 18 siswa (56%) yang belum tuntas mampu menerapkan permainan melempar dan menangkap softball. Sehingga disimpulkan bahwa pada siklus II nilai ketuntasan sebesar 84%.

 

Article Details

How to Cite
Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. (2020). MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MELEMPAR DAN MENANGKAP DALAM HASIL BELAJAR PERMAINAN SOFTBALL. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10320

References

  1. Calmels, C., Berthoumieux, C., & d’Arripe-Longueville, F. F. (2004). Effects of an imagery training program on selective attention of national softball players. The Sport Psychologist, 18(3), 272-296.
  2. Cross, R. (2011). Physics of baseball & softball. Springer Science & Business Media.
  3. Destaliandi. 2015. Kemampuan Gerak Dasar SoftballPada Peserta Ekstrakurikulerdi SMA N 1 Wates Tahun 2015.Kemampuan Gerak Dasar Softball .Vol 2 , No 1, (hlm. 1 –10)
  4. Flyger, N., Button, C., & Rishiraj, N. (2006). The science of softball. Sports medicine, 36(9), 797-816.
  5. Gabbett, T., Rubinoff, M., Thorburn, L., & Farrow, D. (2007). Testing and training anticipation skills in softball fielders. International Journal of Sports Science & Coaching, 2(1), 15-24.
  6. Hamalik, oemar., (2009), Proses Belajar Mengajar, penerbit PT bumi Aksara, Jakarta
  7. Hartono, Soetanto, dkk. 2013. Pendidikan Jasmani (Sebuah Pengantar). Surabaya: Unesa University Press.
  8. Kemmis dan Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner Third edition.Victoria: Deakin University Press.
  9. Maffet, M. W., Jobe, F. W., Pink, M. M., Brault, J., & Mathiyakom, W. (1997). Shoulder muscle firing patterns during the windmill softball pitch. The American journal of sports medicine, 25(3), 369-374.
  10. M. Sofyan.2009.Permianan Softball. Jakarta Selatan : CV Ricardo
  11. Nimphius, S., Mcguigan, M. R., & Newton, R. U. (2010). Relationship between strength, power, speed, and change of direction performance of female softball players. The Journal of Strength & Conditioning Research, 24(4), 885-895.
  12. Putri N, Ismiyati. 2016. Meningkatkan Motivasi Gerak Dalam Permainan Bola Softball Dengan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 12, Nomor 1,11-15.
  13. Prayoga AS. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola. Jurnal Sportif, 2(1);1-12.
  14. Rizqi R. 2016. Penerapan Modifikasi Permainan Softball Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pada Siswa Kelas VII MTs. Assa’adah 1 Sampurnan Bungah Gresik). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 04 Nomor 02, 307 - 312
  15. Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.