Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran  Projeck Base Learning (PjBL) terhadap peningkatan produk Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Penjas dan olahraga. Metode dan prosedur penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi (collaborative classroom action research), subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Program studi Penjas FKIP Unib, pada materi Media pembelajaran LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan model pembelajaran Projek Base Learning dalam pembelajaran perencanaan media LKPD mampu memberikan motivasi dan sistem belajar mahasiswa dalam kelompok dalam merencanakan dan membuat produk LKPD, dan mampu memecahkan masalah  dalam kelompok secara efektif dan efisien sehingga penguasaan  serta keterampilan membuat LKPD dengan ketuntasan mencapai 77,4%.  LKPD yang memenuhi kelayakan isi yang terdiri dari indikator materi pembelajaran, materi sesuai dengan kebutuhan belajar dan ketercakupan belajar dengan peningkatan sebesar 20%. Kesesuaian penyajian LKPD yang meliputi sistematika petunjuk LKPD dengan tugas gerak PJOK, dan isi dengan tugas gerak PJOK, dengan peningkatan sebesar 37,8%. Kesesuaian dengan syarat didaktis yang memenuhi kebutuhan peserta didik dan pengembangan diri peserta didik, meningkat sebesar  30%. Kesesuaian dengan syarat konstruksi (kebahasaan) yang memenuhi kesuaian Penggunaan bahasa dan kalimat, meningkat sebesar 51%, sedangkan kesesuain LKPD dengan syarat teknis (grafis) yang memenuhi indikator tulisan dan gambar dalam LKPD serta desain /penampilan LKPD,  meningkat sebesar 10,7%.

Article Details

How to Cite
Sugihartono, T., Sutisyana, A., & Sugiyanto, S. (2020). PRODUKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK DENGAN PENERAPAN MODEL PROJEK BASE LEARNING PADA PRODI PENJAS FKIP UNIB. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10407

References

  1. Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi.( 2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Badan Nasional Standar Pendidikan BNSP, (2013) Kemendiknas: Jakarta
  3. Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
  4. Fajrida, Yunila.(2015). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Diakses di http://yafajridabiologiuir.blogspot.co.id/2015/11/lembaran-kerja-peserta-didik-lkpd.html . Pada tanggal 13 Januari 2017 pukul 19.05 WIB
  5. Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
  6. Indriyani (2013),Mengembbangkan Penguasaan Konsep Sains dan karakter siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Bimbingan. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu
  7. Ngalimun, (2012), Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
  8. Nurohman, S. (2011). Pendekatan Project Based Learning sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. (Online), (http://www.moe.edu.my), diakses 18 mei 2019.
  9. Prastowo, A. (2011) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
  10. Rahma Wahyu, 2016 Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal ,Teknoscienza Vol.1 No.1 Oktober 2016
  11. Riadi, Muchlisin. (2015). Pengertian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Diakses dari http://kajianpustaka.com/2015/07/lembar-kerja-peserta-didik.lkpd.html?m=1. Pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 23.01 WIB.
  12. Riosa Y.Devi, (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) PJOK Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Perkembangan Tubuh Remaja Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP, Skripsi: UNY.
  13. Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
  14. Soemosasmito.S.,(1997), Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa.Press.
  15. Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani. Bandung : Nuansa Cendekia
  16. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
  17. Wardani.I.G.K., (2002) , Penelitian Tindakan Kelas . Universitas Terbuka Jakarta.
  18. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
  19. Widjajanti, Endang.(2008). Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Makalah. Yogyakarta: FMIPA UNY.