Main Article Content

Abstract

Penelitian Ini adalah jenis pe nelitian Ex Post Facto yang menggunakan rancangan penelitian analisis jalur. Populasi adalah seluruh siswa SMAN 2 KOLAKA yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan jumlah sampel yaitu 30 siswa. Teknik penentuan sampel adalah total populasi atau sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan, analisis jalur melalui program SPSS 20.00 pada taraf siginifikan 95% atau ? 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) Ada pengaruh langsung daya ledak tungkai terhadap percaya diri pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,500 dengan tingkat signifikan 0,000 < ?0,05; (2) Ada pengaruh langsung koordinasi mata kaki terhadap percaya diri pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,505 dengan tingkat signifikan 0,000 < ?0,05; (3) Ada pengaruh langsung daya ledak tungkai terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,419 dengan tingkat signifikan 0,001 < ?0,05 (4) Ada pengaruh langsung koordinasi mata kaki terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,227 dengan tingkat signifikan 0,044 < ?0,05; (5) Ada pengaruh langsung percaya diri terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,359 dengan tingkat signifikan 0,035 < ?0,05; (6) Ada pengaruh daya ledak tungkai melalui percaya diri terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,260 (0,260 > 0,233); (7) Ada pengaruh koordinasi mata kaki melalui percaya diri terhadap kemampuan shooting ke gawang dalam permainan sepakbola pada siswa SMAN 2 KOLAKA dengan nilai beta yaitu 0,280 (0,280 > 0,232).

Article Details

How to Cite
Jumaking, J. (2020). PENGARUH DAYA LEDAK TUNGKAI, KOORDINASI MATA KAKI DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING KE GAWANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SMAN 2 KOLAKA. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10526

References

  1. Abdullah Ma’ruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
  2. Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Atmojo Mulyono Biyakto. 2008. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani/Olahraga. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
  4. Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
  5. Halim, Nur Ichsan. 2011. Tes dan Pengukuran Dalam Bidang Olahraga. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
  6. Husdarta. 2010. Psikologi Olahraga. Bandung : Alfa Beta
  7. Komarudin. 2015. Psikologi Olahraga: Latihan Keterampilan Mental dalam olahraga Kompetitif. Bandung : Remaja Rosdakarya
  8. Muhajir. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Bandung: Yudhistira.
  9. Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja.
  10. Mylsidayu, Apta; Kurniawan, Feby. 2015. Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: Alfabeta
  11. Nala, I Gusti Ngurah. 2011. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Udayana University Press.
  12. Raharjo, K., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Akurasi Shooting Olahraga Sepakbola Melalui Media Lingkaran Karet Ban Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 SMA Negeri 03 Bengkulu Tengah. Kinestetik, 1(2).
  13. Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
  14. Sudaryono, Gaguk Margono, Wardani Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Jakarta : Graha Ilmu.
  15. Sugianto., Sadjarwo. 2002. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdiknas.
  16. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
  17. Sulistio, D. (2019). Analisis Kemampuan Teknik Dasar Passing, Dribbling, Dan Shooting Pada Pemain Sepak Bola SSB Putra U 10-12 Tahun Di Kabupaten Kaur. Kinestetik, 3(2), 241-248.
  18. Widiastuti. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT. Bumi Timur Jaya.