Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan gerak dasar manipulatif melalui aktivitas bermain pada peserta didik kelas 2 SDLB Tunagrahita di Kota Palembang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang peserta didik Tunagrahita kelas 2 SDLB dan 3 orang guru yang melayani anak tunagrahita (ATG) di kota Palembang. Instrumen yang digunakan rubrik penilaian aktivitas bermain gerak dasar manipulatif. Hasil penelitian menunjukkan 16 orang (76,19 %) peserta didik rata-rata dalam kategori baik.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alimin, Zaenal. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Special Education ke Special Needs Education dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan dan Kurikulum LPTK. Jurnal Asesmen dan Interpensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3-2, 172-181.
- Atesya Selvi, K, Ambri Damanik, S. 2019. Model Pembelajaran Gerak Dasar bagi Anak Tunagrahita. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol.18 Nomor 2, Juli-Desember. https://doi.org/10.24114/jik.v18i2
- Atesya Selvi, K, Rahayu, T, dkk. 2018. Model Pembelajaran Gerak Dasar melalui Aktivitas Bermain bagi Siswa SDLB C Kelas 2. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.
- Atesya, Selvi, Rahayu, T. 2019. Activity Model of Playing “My Hero is My Mother” to Improve Basic Movement Skills of Mild Mental Retarded Children. Journal Physical Education, Helath and Recreation Vol. 4 No1 (2019), 52-61. Doi: 10.24114/pjkr.v4i1.14182
- David L. Gallahue & John C. Ozmun. 2006. Understanding Motor Development (Infants, Children, Adolescents, and Adults). New York: McGraw-Hill.
- Giriwijoyo, H.Y.S, dkk. 2012. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Kemis dan Ati, Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta Timur : PT. Luxima Metro Media.
- Kenneth, R. Ginsburg. 2007. American Journal Academy of Pediatric, Vol. 119 No. 1, 1 Januari 2007). 182-191.
- Kustawan, Dedy dan Meimulyani. 2016. Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta Timur : Luxima.
- Mohammad Joko Susilo. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Saputra, Y.M. (2004). Perkembangan gerak. Jakarta: Depdiknas.
- Setiawan,A. A.(2019). Analisis Kemampuan Koordinasi Dan Kecepatan Reaksi Siswa Tuna Grahita Dan Autis (Studi Kasus Di SLB Negeri Autis Center) Kota Bengkulu. Kinestetik, 3(1), 19-28.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31 ayat 1.
- Wikasanti, Esthy. 2014. Mengupas Therapy Bagi Para Tuna Grahita: Retardasi Mental sampai Lambat Belajar. Yogyakarta: Maxima.
- Yulianty, R. (2010). Permainan yang meningkatkan kecerdasan anak modern dan tradisional. Jakarta: Laskar Aksara
References
Alimin, Zaenal. 2004. Reorientasi Pemahaman Konsep Special Education ke Special Needs Education dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan dan Kurikulum LPTK. Jurnal Asesmen dan Interpensi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol.3-2, 172-181.
Atesya Selvi, K, Ambri Damanik, S. 2019. Model Pembelajaran Gerak Dasar bagi Anak Tunagrahita. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol.18 Nomor 2, Juli-Desember. https://doi.org/10.24114/jik.v18i2
Atesya Selvi, K, Rahayu, T, dkk. 2018. Model Pembelajaran Gerak Dasar melalui Aktivitas Bermain bagi Siswa SDLB C Kelas 2. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.
Atesya, Selvi, Rahayu, T. 2019. Activity Model of Playing “My Hero is My Mother” to Improve Basic Movement Skills of Mild Mental Retarded Children. Journal Physical Education, Helath and Recreation Vol. 4 No1 (2019), 52-61. Doi: 10.24114/pjkr.v4i1.14182
David L. Gallahue & John C. Ozmun. 2006. Understanding Motor Development (Infants, Children, Adolescents, and Adults). New York: McGraw-Hill.
Giriwijoyo, H.Y.S, dkk. 2012. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kemis dan Ati, Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta Timur : PT. Luxima Metro Media.
Kenneth, R. Ginsburg. 2007. American Journal Academy of Pediatric, Vol. 119 No. 1, 1 Januari 2007). 182-191.
Kustawan, Dedy dan Meimulyani. 2016. Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta Timur : Luxima.
Mohammad Joko Susilo. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saputra, Y.M. (2004). Perkembangan gerak. Jakarta: Depdiknas.
Setiawan,A. A.(2019). Analisis Kemampuan Koordinasi Dan Kecepatan Reaksi Siswa Tuna Grahita Dan Autis (Studi Kasus Di SLB Negeri Autis Center) Kota Bengkulu. Kinestetik, 3(1), 19-28.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 31 ayat 1.
Wikasanti, Esthy. 2014. Mengupas Therapy Bagi Para Tuna Grahita: Retardasi Mental sampai Lambat Belajar. Yogyakarta: Maxima.
Yulianty, R. (2010). Permainan yang meningkatkan kecerdasan anak modern dan tradisional. Jakarta: Laskar Aksara