Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan variasi metode latihan berpasangan pada permainan sepaktakraw dapat meningkatkan kemampuan sepak sila siswa di kelas V SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 jumlah siswa laki-laki dan 10 jumlah siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta tes keterampilan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tes evaluasi siswa dilakukan di tiap-tiap akhir siklus. Hasil persentase observasi aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 60%, siklus 2 adalah 86,67%. Persentase observasi aktivitas guru pada siklus 1 adalah 66,67% dan pada siklus 2 adalah 93,34%. Hasil rata-rata tes keterampilan pada siklus 1 adalah 17,72 dan pada siklus 2 yaitu 22,96 dengan standar ketuntasan 20 sepakan dalam waktu satu menit. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan variasi latihan berpasangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sepak sila serta mampu menumbuhkan kegembiraan dan memotivasi siswa dalam belajar.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agus Taufik dkk. (2012). Pendidikan AnakDi SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
- Bayu Insanistyo, Dian Pujianto. (2014). Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu
- Igak Wardhani dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
- Iyakrus. (2009). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Universitas Sriwijaya.
- Kunandar,(2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Rick Angel. (2010). Dasar-Dasar Sepak Takraw. Bandung : Pakar Raya
- Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Aditya Media
References
Agus Taufik dkk. (2012). Pendidikan AnakDi SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Bayu Insanistyo, Dian Pujianto. (2014). Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu
Igak Wardhani dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Iyakrus. (2009). Permainan Sepak Takraw. Palembang : Universitas Sriwijaya.
Kunandar,(2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rick Angel. (2010). Dasar-Dasar Sepak Takraw. Bandung : Pakar Raya
Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Aditya Media