Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik dan sejauh mana kemampuan teknik short pass dalam permainan sepak bola siswa ektrakurikuler Sepak Bola di SMA Negeri 01 Curup Utara Tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, artinya, yang didukung oleh data-data hasil dari tes kemampuan pasing secara keseluruhan tanpa melakukan pengujian hipotesis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler sepak bola,sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampel ialah seluruh peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 01 Curup Utara yang berjumlah 25 orang. Analisis data yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan tes short pass dari Arsil, yaitu tes menendang bola dari beberapa menit tempat dan kesasaran tertentu dalam waktu tercepat. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes sebanyak 7 orang mendapatkan nilai gabungan antara catatan waktu dan ketepatan sasaran pada  interval nilai > 124 dengan klasifikasi skor “baik sekali”. Kemudian ada sebanyak 16 orang mendapatkan nilai gabungan pada interval nilai 104 – 123 dengan klasifikasi skor “baik”. Sisanya 2 orang mendapatkan nilai gabungan pada interval 85 – 103 dengan klasifikasi skor “sedang”.    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan short pass peserta ekstrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 01 Curup Utara sebagian besar sudah baik, dilihat dari sebanyak 7 orang mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik ( 28 %) dan sebanyak 16 orang  (64 %) termasuk dalam kategori baik, dan ada 2 orang yang termasuk dalam kategori sedang ( 2 % ).

Keywords

Short Pass Sepak Bola Ekstrakurikuler

Article Details

How to Cite
Vinando, M., Insanisatyo, B., & Sutisyana, A. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN SHORT PASS PERMAINAN SEPAK BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 CURUP UTARA. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3372

References

  1. Abdoellah, Arma (1981). Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. S.T.O. Yogyakarta. P.T Sastra Hudaya.
  2. Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta
  3. Arsil (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang : Wineka Media
  4. A. Sarumpaet, dkk. (1992). Permainan Besar. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
  5. Herwin. (2004). “Kemampuan Sepakbola Dasar .” Diktat. Yogyakarta: FIK UNY
  6. Komarudin. (2011). Hubungan level kecemasan dan Akurasi Passing dalam Permainan Sepakbola. Yogyakarta. UNY.
  7. Mielke, Danny dkk. 2007. Dasar dasar sepakbola. Pakar Raya, Klaten.
  8. Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi pendidikan. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), hlm. 187.
  9. Soekatamsi. (1995). Permainan Sepakbola I. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan guru dan Tenaga Teknis.
  10. Sucipto. (2000). Sepakbola. Jakarta: Depdikbud.
  11. Soekatamsi. (1988). Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Surakarta: Tiga Serangkai
  12. Sucipto, dkk. (2000).Sepak Bola, Departemen Pendidikan Nasional.
  13. Sukintaka, dkk (1979). Permainan dan Metodik Buku I Untuk SGO. Depdikbud. Remadja Karya Offset. Bandung
  14. Deri Supriyadi, 2017, Skripsi, Analisis Kemampuan Shooting Dan Passing SepakbolaPemain PS. FKIP Universitas Bengkulu, Prodi Penjaskes. Bengkulu