Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik pemain sepak bola SMA Negeri 1 Kabupaten Kaur. Kondisi fisik pemain sangatlah penting untuk mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh pemain sepakbola SMA Negeri 1 Kabupaten Kaur, yaitu yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui daya tahan, kecepatan, kelincahan dan kelentukan kaitanya dengan kondisi fisik pemain sepakbola. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran kondisi fisik. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tes Lari 1200 yard, lari 60 yard, shuttle run, dan sit and reach.. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan perhitungan statistik menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kondisi fisik keseluruhan pemain sepakbola SMA Negeri 1 Kabupaten Kaur adalah kurang. Dari 4 item tes yang dilaksankan, ternyata kondisi fisik pemain sepakbola SMA Negeri 1 Kaur semuanya memperoleh kategori kurang, kecuali pada tes sit and reach yang memperoleh kategori sedang.

Keywords

Kondisi fisik Pemain Sepakbola

Article Details

How to Cite
Adziman, L., Arwin, A., & Syafrial, S. (2017). PROFIL KONDISI FISIK PEMAIN SEPAK BOLA SMA NEGERI 1 KAUR. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35–39. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3373

References

  1. Abdul Rohim. (2008). Bermain Sepak Bola. Aneka Ilmu: Semarang
  2. Arsil. (2010). Evaluasi Penjas dan Olahraga. Padang
  3. Dini Rosdiani. (2013). Dinamika Olahraga dan Pengembangan Nilai. Alfabeta:Bandung
  4. Ericka Pramadinata. (2015). Kontribusi Kelincahan Tubuh Terhadap Keterampilan Round Off Pada Senam Lantai Artistik Siswa Kelas V SD Negeri 55 Kota Bengkulu (Skripsi). Bengkulu :UNIB.
  5. Harsono. (1988). Coaching dan Aspekaspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta
  6. Husdarta. (2013). Sejarah dan Filsafat Olahraga. Alfabeta: Bandung
  7. Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani (2010). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Jakarta
  8. Richad. (2010). Berlatih Kebugaran Jasmani. Citraunggul Laksana: Jakarta Timur