Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik shooting dalam permainan sepakbola menggunakan model pembelajaran kooperatif team games tournament siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan Kepahiang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan Kepahiang dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa putra dan 13 siswa putri. Pada setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan, dimana teknik yang digunakan untuk pengumpulan data diperoleh melalui tahapan observasi, tes dan dokumentasi pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa melalu penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan teknik shooting dalam sepakbola pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan Kepahiang. Dari hasil yang telah dianalisis diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus presentasi ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 40,62% dan pada siklus I presentasi ketuntasan hasil belajar teknik shooting mencapai 71,87% dengan jumlah yang masuk dalam kategori tuntas sebanyak 23 siswa, sementara itu pada siklus II diperoleh presentasi ketuntasan 81,25% dengan jumlah yang dikategorikan tuntas sebanyak 26 siswa dari jumlah keseluruhan siswa 32 siswa.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Sakun. (2012). Pengantar Pendidikan. Metro: STKIP Dharma Wacana Metro.
- Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
- Wahyudin, Dinn. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Wardhani, Igak. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Winarni, Endang W. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.
References
Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sakun. (2012). Pengantar Pendidikan. Metro: STKIP Dharma Wacana Metro.
Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
Wahyudin, Dinn. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardhani, Igak. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winarni, Endang W. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.