Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan bola kasti pada siswa SD/MIN Kota Bengkulu. Teknik dasar permainan bola kasti yang diteliti dalam penelitian ini meliputi lari, lempar tangkap, dan memukul. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah SD/MIN di kota bengkulu. Sampel penelitian adalah sebanyak 109 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Analisis statistik yang digunakan adalah rumus presentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: teknik dasar lari hanya mencapai 4,8%, teknik dasar lempar tangkap hanya mencapai 10,5%, dan Teknik dasar memukul hanya mencapai 8,1%. Hasil angket menjawab Ya mencapai 80%, dan menjawab Tidak mencapai 20%.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- AipSyarifuddin. (1993).Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta. Depdikbud
- Arifto Juniardi. (2014). Analisis faktorfaktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2014. Skripsi.Universitas Bengkulu
- Arsil. (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang: Wineka Media Departemen Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan
- Dasar. (1995). Pedoman Pengajaran Permainan Di Sekolah Dasar. Jakarta
- Dwi Ardisusilo. 6101911063. ( 2013).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Margadana 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Negeri Semarang
- Hamalik, Oemar. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Kemendikbud. (2015). Panduan Pelaksanaan Semiloka Pembina Tingkat Provinsi Keolahragaan Sekolah Dasar. Jakarta Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :PustakaSetia
- Rosyid Dian Prayoga. 6101411062. (2015). Penerapan Modifikasi Permainan Bola Kasti Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambaturagung 01 Pati 2015 Tahun Pelajaran 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
- Rujana. 13604227084. (2015). Kemampuan Teknik Dasar Memukul, Melempar, dan Menangkap Bola Dalam Permainan Kasti Siswa Kelas IV SD Negeri Demen, Temon Kabupaten
- Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015.Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
- Suharsimin Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bineka Cipta
- SrihatiWaryati & Wahyu Sulistyo & Soetarti. (1993). Pendidikan Permainan Kecil. Jakarta. Depdikbud
References
AipSyarifuddin. (1993).Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta. Depdikbud
Arifto Juniardi. (2014). Analisis faktorfaktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2014. Skripsi.Universitas Bengkulu
Arsil. (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang: Wineka Media Departemen Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan
Dasar. (1995). Pedoman Pengajaran Permainan Di Sekolah Dasar. Jakarta
Dwi Ardisusilo. 6101911063. ( 2013).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Margadana 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Negeri Semarang
Hamalik, Oemar. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Kemendikbud. (2015). Panduan Pelaksanaan Semiloka Pembina Tingkat Provinsi Keolahragaan Sekolah Dasar. Jakarta Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :PustakaSetia
Rosyid Dian Prayoga. 6101411062. (2015). Penerapan Modifikasi Permainan Bola Kasti Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambaturagung 01 Pati 2015 Tahun Pelajaran 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Rujana. 13604227084. (2015). Kemampuan Teknik Dasar Memukul, Melempar, dan Menangkap Bola Dalam Permainan Kasti Siswa Kelas IV SD Negeri Demen, Temon Kabupaten
Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015.Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suharsimin Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bineka Cipta
SrihatiWaryati & Wahyu Sulistyo & Soetarti. (1993). Pendidikan Permainan Kecil. Jakarta. Depdikbud