Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan bola kasti pada siswa SD/MIN Kota Bengkulu. Teknik dasar permainan bola kasti yang diteliti dalam penelitian ini meliputi lari, lempar tangkap, dan memukul. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah SD/MIN di kota bengkulu. Sampel penelitian adalah sebanyak 109 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Analisis statistik yang digunakan adalah rumus presentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: teknik dasar lari hanya mencapai 4,8%, teknik dasar lempar tangkap hanya mencapai 10,5%, dan Teknik dasar memukul hanya mencapai 8,1%. Hasil angket menjawab Ya mencapai 80%, dan menjawab Tidak mencapai 20%.

Keywords

Bola Kasti Pembelajaran Penjasorkes SD/MIN Bengkulu

Article Details

How to Cite
Pertiwi, T. S., Sutisyana, A., & sihombing, S. (2017). PELAKSANAAN PERMAINAN BOLA KASTI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SD/MIN KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 54–58. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3378

References

  1. AipSyarifuddin. (1993).Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta. Depdikbud
  2. Arifto Juniardi. (2014). Analisis faktorfaktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2014. Skripsi.Universitas Bengkulu
  3. Arsil. (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Padang: Wineka Media Departemen Pendidikan dan KebudayaanDirektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan
  4. Dasar. (1995). Pedoman Pengajaran Permainan Di Sekolah Dasar. Jakarta
  5. Dwi Ardisusilo. 6101911063. ( 2013).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Kasti Menggunakan Permainan Kasbol Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Margadana 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Negeri Semarang
  6. Hamalik, Oemar. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Kemendikbud. (2015). Panduan Pelaksanaan Semiloka Pembina Tingkat Provinsi Keolahragaan Sekolah Dasar. Jakarta Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :PustakaSetia
  8. Rosyid Dian Prayoga. 6101411062. (2015). Penerapan Modifikasi Permainan Bola Kasti Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambaturagung 01 Pati 2015 Tahun Pelajaran 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
  9. Rujana. 13604227084. (2015). Kemampuan Teknik Dasar Memukul, Melempar, dan Menangkap Bola Dalam Permainan Kasti Siswa Kelas IV SD Negeri Demen, Temon Kabupaten
  10. Kulon Progo Tahun Pelajaran 2015.Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  12. Suharsimin Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bineka Cipta
  13. SrihatiWaryati & Wahyu Sulistyo & Soetarti. (1993). Pendidikan Permainan Kecil. Jakarta. Depdikbud