UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLE DENGAN PENERAPAN MODEL LATIHAN KELINCAHA

Dicky Afrian Rizaldi(1), Tono Sugihartono(2), Ari Sutisyana(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan dribble bola basket dengan penerapan model latihan kelincahan. Jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut adalah Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang. Yang terdiri dari 12 siswa putra dan 12 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami teknik dribble, sehingga hasil tes keterampilan dribble yang diperoleh siswa sebesar 20.8% kategori baik, 16.6% kategori cukup, 62.5% kategori kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan model latihan kelincahan, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54.2% kategori baik, 25% kategori cukup, 20.8% kategori kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan keterampilan dribble siswa sebesar 79.2% kategori baik, 16.6% kategori cukup, 4.2% kategori kurang. Meningkatnya keterampilan dribble siswa dalam permainan bola basket sebagai pengaruh dari penerapan model latihan kelincahan. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model latihan kelincahan terbukti dapat meningkatkan keterampilan dribble dalam permainan bola basket.


Keywords


Keterampilan Dribble Bola Basket; Model Latihan Kelincahan

Full Text:

PDF

References


Adnan, Aryadie. (2005). Tes dan Pengukuran Olahraga. Padang.

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Brittenham, Greg. (1998). Petunjuk Lengkap Latihan Pemantapan Bola Basket. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kemendikbud. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta: Pusat

Kurikulum Dan Pembukuan. Balitbang Kemendikbud.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres Mutohir, Cholik. (2005). Atletik dan Olahraga Luar Ruangan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka

M Hariwijaya. (2013). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Platinum.




DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3477

Article Metrics

 Abstract Views : 11 times
 PDF Downloaded : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

KINESTETIK is indexed on:

     

 

Lisensi Creative Commons
Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Published by UNIB Press

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Jasmani
Universitas Bengkulu
Jalan Raden Fatah No. 100, Kel.Pagar Dewa, Kec. Selebar, Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia 38211.
E-ISSN:2685-6514
website: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kinestetik/index
e-mail: kinestetik.fkip@unib.ac.id
Handphone: (+62)81380737343