Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan dribble bola basket dengan penerapan model latihan kelincahan. Jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut adalah Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang. Yang terdiri dari 12 siswa putra dan 12 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami teknik dribble, sehingga hasil tes keterampilan dribble yang diperoleh siswa sebesar 20.8% kategori baik, 16.6% kategori cukup, 62.5% kategori kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan model latihan kelincahan, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54.2% kategori baik, 25% kategori cukup, 20.8% kategori kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan keterampilan dribble siswa sebesar 79.2% kategori baik, 16.6% kategori cukup, 4.2% kategori kurang. Meningkatnya keterampilan dribble siswa dalam permainan bola basket sebagai pengaruh dari penerapan model latihan kelincahan. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model latihan kelincahan terbukti dapat meningkatkan keterampilan dribble dalam permainan bola basket.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adnan, Aryadie. (2005). Tes dan Pengukuran Olahraga. Padang.
- Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Brittenham, Greg. (1998). Petunjuk Lengkap Latihan Pemantapan Bola Basket. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Kemendikbud. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta: Pusat
- Kurikulum Dan Pembukuan. Balitbang Kemendikbud.
- Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres Mutohir, Cholik. (2005). Atletik dan Olahraga Luar Ruangan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka
- M Hariwijaya. (2013). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Platinum.
References
Adnan, Aryadie. (2005). Tes dan Pengukuran Olahraga. Padang.
Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Brittenham, Greg. (1998). Petunjuk Lengkap Latihan Pemantapan Bola Basket. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kemendikbud. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta: Pusat
Kurikulum Dan Pembukuan. Balitbang Kemendikbud.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres Mutohir, Cholik. (2005). Atletik dan Olahraga Luar Ruangan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka
M Hariwijaya. (2013). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Platinum.