Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan dribble bola basket dengan penerapan model latihan kelincahan. Jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut adalah Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang. Yang terdiri dari 12 siswa putra dan 12 siswa putri. Hasil penelitian pada pra-siklus diketahui bahwa sebagian besar siswa belum memahami teknik dribble, sehingga hasil tes keterampilan dribble yang diperoleh siswa sebesar 20.8% kategori baik, 16.6% kategori cukup, 62.5% kategori kurang. Pada siklus pertama dengan penerapan model latihan kelincahan, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54.2% kategori baik, 25% kategori cukup, 20.8% kategori kurang. Pada siklus kedua terjadi peningkatan keterampilan dribble siswa sebesar 79.2% kategori baik, 16.6% kategori cukup, 4.2% kategori kurang. Meningkatnya keterampilan dribble siswa dalam permainan bola basket sebagai pengaruh dari penerapan model latihan kelincahan. Berdasarkan hasil di atas maka disimpulkan bahwa penerapan model latihan kelincahan terbukti dapat meningkatkan keterampilan dribble dalam permainan bola basket.

Keywords

Keterampilan Dribble Bola Basket Model Latihan Kelincahan

Article Details

How to Cite
Rizaldi, D. A., Sugihartono, T., & Sutisyana, A. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLE DENGAN PENERAPAN MODEL LATIHAN KELINCAHA. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 130–134. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3477

References

  1. Adnan, Aryadie. (2005). Tes dan Pengukuran Olahraga. Padang.
  2. Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  3. Brittenham, Greg. (1998). Petunjuk Lengkap Latihan Pemantapan Bola Basket. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  4. Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
  5. Kemendikbud. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jakarta: Pusat
  6. Kurikulum Dan Pembukuan. Balitbang Kemendikbud.
  7. Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres Mutohir, Cholik. (2005). Atletik dan Olahraga Luar Ruangan. Jakarta: PT Sunda Kelapa Pustaka
  8. M Hariwijaya. (2013). Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Platinum.