Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah latihan kecepatan dan ketangkasan memiliki pengaruh yang signifikan pada peningkatan kemampuan menangkap dalam permainan bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, dengan variabel independen adalah kecepatan dan kelincahan, dan variabel dependen adalah teknik menangkap bola bundar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa - 19 siswa sekolah dasar negeri dan sebagai perbandingan untuk siswa di pangkalan kota Bengkulu. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sprint 30 meter, berlari bolak-balik dengan jarak 10 meter dengan bolak-balik 4 kali dan melemparkan tangkapan ke dinding target 2 meter dalam 30 detik. Berdasarkan manajemen dan analisis data yang diperoleh, hasil penelitian ini adalah rata-rata tes awal 42,65. ketangkasan 19.66 dan menangkap 59.60 tes rata-rata akhirnya mempercepat 56.14. Agility 5.06 dan tangkapan tangkapan 7.20 - perbedaan rata-rata 1.9. Kesimpulan dari penelitian ini, dilihat dari data, adalah bahwa kecepatan dan ketangkasan pelatihan memiliki efek yang signifikan pada penangkapan bola bundar.
Keywords
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arsil, (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan olahraga. Padang : Wineka Media
- Dokumen instruksi kerja, prosedur pelaksanaan, dan instrumen penilaian ujian keterampilan olahraga dan seni. Tes SBMPTN (2015)
- Lubis J, (2013). Panduan praktis penyusunan program latihan. Jakarta : Rajawali Pers
- Mardiana Ade; purwadi; dan Satya,W.I. (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Universitas Terbuka
- Sukrisno; dkk (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Sugiyono, (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
- Utami, H. P. (2008). Permainan Kasti dan Sejenisnya. Jakarta: Penerbit Ganeca Exact
- Wiarto Giri, (2015). Inovasi pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas
- Widiastuti, (2011). Test dan pengukuran olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.
References
Arsil, (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan olahraga. Padang : Wineka Media
Dokumen instruksi kerja, prosedur pelaksanaan, dan instrumen penilaian ujian keterampilan olahraga dan seni. Tes SBMPTN (2015)
Lubis J, (2013). Panduan praktis penyusunan program latihan. Jakarta : Rajawali Pers
Mardiana Ade; purwadi; dan Satya,W.I. (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Universitas Terbuka
Sukrisno; dkk (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sugiyono, (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Utami, H. P. (2008). Permainan Kasti dan Sejenisnya. Jakarta: Penerbit Ganeca Exact
Wiarto Giri, (2015). Inovasi pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas
Widiastuti, (2011). Test dan pengukuran olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.