Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah latihan kecepatan dan ketangkasan memiliki pengaruh yang signifikan pada peningkatan kemampuan menangkap dalam permainan bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, dengan variabel independen adalah kecepatan dan kelincahan, dan variabel dependen adalah teknik menangkap bola bundar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa - 19 siswa sekolah dasar negeri dan sebagai perbandingan untuk siswa di pangkalan kota Bengkulu. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sprint 30 meter, berlari bolak-balik dengan jarak 10 meter dengan bolak-balik 4 kali dan melemparkan tangkapan ke dinding target 2 meter dalam 30 detik. Berdasarkan manajemen dan analisis data yang diperoleh, hasil penelitian ini adalah rata-rata tes awal 42,65. ketangkasan 19.66 dan menangkap 59.60 tes rata-rata akhirnya mempercepat 56.14. Agility 5.06 dan tangkapan tangkapan 7.20 - perbedaan rata-rata 1.9. Kesimpulan dari penelitian ini, dilihat dari data, adalah bahwa kecepatan dan ketangkasan pelatihan memiliki efek yang signifikan pada penangkapan bola bundar.

Keywords

kecepatan kelincahan

Article Details

How to Cite
Rizyanto, F., Syafrial, S., & Yarmani, Y. (2019). PENGARUH LATIHAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN TERHADAP LEMPAR TANGKAP BOLA KASTI UNTUK SISWA- SISWI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 145–152. https://doi.org/10.33369/jk.v2i2.6493

References

  1. Arsil, (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan olahraga. Padang : Wineka Media
  2. Dokumen instruksi kerja, prosedur pelaksanaan, dan instrumen penilaian ujian keterampilan olahraga dan seni. Tes SBMPTN (2015)
  3. Lubis J, (2013). Panduan praktis penyusunan program latihan. Jakarta : Rajawali Pers
  4. Mardiana Ade; purwadi; dan Satya,W.I. (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Universitas Terbuka
  5. Sukrisno; dkk (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga
  6. Sugiyono, (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
  7. Utami, H. P. (2008). Permainan Kasti dan Sejenisnya. Jakarta: Penerbit Ganeca Exact
  8. Wiarto Giri, (2015). Inovasi pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas
  9. Widiastuti, (2011). Test dan pengukuran olahraga. Jakarta: PT Bumi Timur Jaya.