Main Article Content

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian kualitatif menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media yang dimodifikasi siklus pertama pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 27,2 %, sikap ssiwa 60,6 %, dan aktivitas guru  dengan nilai 58,1, siklus kedua pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 60,6 %, sikap siswa 72,7 %, dan aktivitas guru dengan nilai 68,4, siklus ketiga pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 90,9 %, sikap siswa 81,8%, dan aktivitas guru dengan nilai 78,7, siklus keempat pada keterampilan lari jarak 60 meter siswa 100%, sikap ssiwa 100%, dan aktivitas guru dengan nilai 86,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama sampai siklus keempat terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran lari jarak 60 meter dengan media yang dimodifikasi siswa kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.

Keywords

media modifikasi pembelajaran lari jarak 60 meter

Article Details

How to Cite
Prayitno, B. A., syafrial, syafrial, & Arwin, A. (2019). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK 60 METER DENGAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI SISWA KELAS XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8809

References

  1. Adrianto, L.G. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Melalui Media Pembelajaran Yang Dimodifikasi Pada Siswa Kelas III SD N Pondok 03 Nguter Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Kudus :Universitas Sebelas Maret
  2. Ahmad, Z.A. 2012 . Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
  3. Arwin. 2000. Efektiviyas Pembelajaran Siswa dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah dasar. Tesis. Surabaya: UNS
  4. Badriah, D.L. 2006. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Kesehatan. Tasikmalaya : Multazam
  5. Djumidar. 2004. Dasar-dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka
  6. Handoyo, H. 2010. Lari Jarak Pendek. Jakarta : Nobel Edumedia
  7. Pujianto, Dian dan Bayu Insanistyo. 2017. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu
  8. Muller H & Wolfgang Ritzdorf. 2000. Pedoman Resmi Mengajar Atletik. Jakarta: Staf Sekretaris IAAF-RDC
  9. Rahmat B. 2017. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Bermain Dengan Alat Bantu Bilah Bambu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tlogopragoto Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY
  10. Sumaryoto & Nomrembi Soni. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  11. Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group
  12. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Afabeta