Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses belajar mengajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Games and competition Pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan. Penelitian ini dilakukan pada jam belajar Penjasorkes kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini secara obyektif atau apa adanya dengan subyek siswa kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : (1) perencanaan,  (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada saat proses belajar-mengajar berlangsung. Adapun hasil pengamatan terhadap siswa dalam proses belajar mengajar Permainan Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Games and competition pada siklus I adalah sebesar 55% dari keseluruhan pengamatan terhadap proses belajar mengajar. Pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sedangkan hasil pengamatan terhadap guru pada siklus I sebesar 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan yang sangat berarti dalam penerapan metode pembelajaran games and competition pada siswa kelas V SD Negeri 14 Lebong Selatan.

Keywords

Proses Belajar Mengajar Bola Voli Games competition

Article Details

How to Cite
Putra, R., Yarmani, Y., & Arwin, A. (2019). EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN GAMES AND COMPETITION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 LEBONG SELATAN. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 99–107. https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8818

References

  1. Arikunto, Suharsimi dkk (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara
  2. Ahmadi, Nuril (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta. Era Pustaka Utama.
  3. Candrawati, Y., & Ilahi, B. R. (2018). EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA BOLA VOLI PADA SMK NEGERI DI KOTA BENGKULU. KINESTETIK, 2(1), 44-48
  4. Edwan, Ari, dan Bogy. 2017. “Pengaruh Metode Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Jumping Smash Bola Voli Siswa Ekstrakurikuler SMPN 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang” Jurnal Kinestetik, Vol. 1 (1).
  5. Hanggara, D., & Ilahi, B. R. (2018). IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA N 1, 2 DAN 3 BENGKULU TENGAH. KINESTETIK, 2(1), 16-22.
  6. Herianto, H., Yarmani, Y., & Sutisyana, A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN OPEN SPIKE PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. KINESTETIK, 2(2), 160-165.
  7. Jaya, H., Insanistyo, B., & Sofino, S. (2018). PENGARUH MODEL LATIHAN MODIFIKASI BOLA GANTUNG TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS PUTRA EKSTRAKURIKULER SMKN 3 KOTA BENGKULU. KINESTETIK, 2(2), 153-159.
  8. Lestari, Novi (2008). Melatih Bola Voli Remaja. Yogyakarta. PT. Citra Aji Parama
  9. PBVSI (2005). Peraturan Permainan Bola Voli. Jakarta
  10. Rianto Milan (2006). Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran.
  11. Malang. Pusat Pengembangan Penataran Guru Ips dan PMP Malang
  12. Suharta, Asep (2007). Pendekatan Pembelajaran Bola Voli Mini Sebuah Gagasan Konseptual. Medan
  13. Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). PENGARUH METODE LATIHAN PLYOMETRIC TERHADAP KEMAMPUAN JUMPING SMASH BOLA VOLI SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 1 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. KINESTETIK, 1(1).
  14. Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya .
  15. Winarni, Endang Widi (2011). Penelitian Tindakan. Bengkulu. FKIP Unib