Main Article Content

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan terpusat dan metode latihan acak terhadap kemampuan teknik dasar futsal secara ilmiah. Dalam penelitian ini mengunakan Pre-test Post-test Group Design yaitu kelompok satu diberi perlakuan metode latihan terpusat dan kelompok dua diberi perlakuan metode latihan acak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ektrakurikuler futsal SMPN 8 Rejang Lebong sebanyak 30 orang pada tahun 2019 dan Sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t untuk menguji hipotesis bahwa ada pengaruh metode latihan terpusat dan metode latihan acak terhadap hasil penguasaan teknik dasar passing dan dribbling dalam permainan futsal. Hasil analisis Uji t perhitungan perbandingan antara hasil akhir dari kedua kelompok ternyata terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil penguasaan teknik dasar futsal. Hasil perhitungan menyatakan bahwa tes akhir antara metode latihan terpusat dan metode latihan acak dengan perolehan perhitungan nilai thitung -2,73 > ttabel -2,160 dan ttabel 2,160 < thitung 2,73 dengan taraf ? = 0,05 artinya ada pengaruh yang signifikan antara X (latihan terpusat dan latihan acak) dengan Y (hasil penguasaan teknik dasar futsal). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua metode latihan memiliki pengaruh terhadap kemampuan teknik dasar futsal.

 

Keywords

Metode latihan terpusat Metode latihan acak Teknik dasar futsal

Article Details

How to Cite
Saputra, R. N., Yarmani, Y., & sugiyanto, sugiyanto. (2019). PENGARUH METODE LATIHAN TERPUSAT DAN METODE LATIHAN ACAK TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR FUTSAL. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 108–117. https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8819

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Arsil. 2010. Evaluasi Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Padang: Wineka Media.
  3. Biro Olahraga, Kepelatihan dan Rekreasi. 2012. Latihan Terpusat dan Latihan acak pada Olahraga Tenis Lapang (Online). Tersedia: http://olahragakepelatihan.blogspot.com latihan terpusat dan latihan acak.html ( akses 2 Februari 2019).
  4. Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
  5. Ekkry, Yarmani, Santun, dan Defliyanto. 2018. “Pengaruh Metode Latihan Teknik Distribusi Terhadap Keterampilan Dribbling Zig – Zag Permainan Futsal”. Jurnal Kinestetik, Vol. 2 (2).
  6. KONI PUSAT. 2012. Rencana Strategis Komite Olahraga Nasional Indonesia: Jakarta.
  7. Lhaksana, Justinus. 2012. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion (Penebar Swadaya Group).
  8. Lubis, Muaro. 2013. Pengaruh Latihan Terpusat dan Latihan Acak terhadap Penguasaan Keterampilan Teknik Dasar Passing, Dribbling dan Shooting dalam Permainan Sepakbola [Skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  9. Mahendra. 2007. Teori Belajar Mengajar Motorik. Bandung: FPOK UPI.
  10. Mulyono, M.A. 2014. Buku Pintar Panduan Futsal. Jakarta Timur: Laskar Aksara.
  11. Prastyo, B.W. 2017. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar dan Latihan Fisik Berbasis Media Flip Book Maker pada Pemain Futsal Tingkat Intermediate [tesis]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
  12. Saputra, H., & Sutisyana, A. (2018). PENGARUH LARI BOLAK-BALIK MENGGUNAKAN BEBAN KAKI DAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING PADA PEMAIN FUTSAL JUGADOR ANDALAS FC. KINESTETIK, 2(2), 192-201.
  13. Siswandi, E., Yarmani, Y., & Sihombing, S. (2017). PENGARUH METODE LATIHAN TEKNIK DISTRIBUSI TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING ZIG–ZAG PERMAINAN FUTSAL. KINESTETIK, 1(2).
  14. Siregar, F. M., Yarmani, Y., & Ilahi, B. R. (2018). ANALISIS SMA NEGERI BERPRESTASI DIBIDANG EKSTRAKURIKULER FUTSAL KOTA BENGKULU. KINESTETIK, 2(1), 111-117.
  15. Siswandi, Ekkry. 2017. Pengaruh Metode Latihan Teknik Distribusi terhadap Keterampilan Dribbling Zig-Zag Permainan Futsal [Skripsi]. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  16. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  17. Sugiyanto , Bogy, dan Defliyanto. 2019. “Implementasi Metode Rondo Untuk Meningkatkan Teknik Passing Mahasiswa Pada Mata Kuliah Futsal Penjas Prodi Penjas FKIP UNIB”. Jurnal Kinestetik, Vol. 3 (1).
  18. Wati, Setiana. 2017. Pengaruh Latihan Terpusat dan Latihan Acak terhadap Hasil Penguasaan Teknik Dasar Bola Basket [Skripsi]. Bengkulu: Universitas Bengkulu.