Main Article Content

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui seberapa besar kontribusi kecepatan dan keseimbangan terhadap kemampuan tendangan dollyo chagi atlet putra taekwondo dojang teladan kota Bengkulu. Dalam penelitian ini ada 3 variabel yang digunakan yaitu kecepatan, keseimbangan  dan tendangan dollyo chagi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survei, sampel penelitian menggunakan total sampling kemudian pengambilan data penelitian dengan teknik tes. Analisis statistik yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, kontribusi dan uji hipotesis. Hasil penelitian kecepatan memiliki hubungan positif dengan kemampuan dollyo chagi dengan rhitung  = 0,90 > rtabel = 0,361 dan memberi kontribusi sebesar 82%, keseimbangan memiliki kontribusi positif dengan kemampuan tendangan dollyo chagi dengan rhitung  = 0,85 > rtabel = 0,361 dan memberi kontribusi sebesar 73%. Kecepatan dan keseimbangan secara bersama-sama memiliki kontribusi yang positif dengan kemampuan tendangan dollyo chagi pada atlet putra taekwondo Dojang Teladan Kota Bengkulu dengan rhitung = 0,91 > rtabel = 0,361 dan memberikan kontribusi sebesar 82%. Dengan demikian  maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan dan keseimbangan secara bersama-sama memiliki kontribusi positif dengan kemampuan tendangan dollyo chagi.

 

Keywords

kecepatan keseimbangan tendangan Dollyo Chagi

Article Details

How to Cite
hidayat, M., syafrial, syafrial, & Sugihartono, T. (2019). KONTRIBUSI KECEPATAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI ATLET PUTRA TAEKWONDO DOJANG TELADAN KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 174–182. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8912

References

  1. Aip Syarifuddin.1992. Atletik. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Ariansyah, A., Insanistyo, B., & Sugiyanto, S. (2017). HUBUNGAN KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN DOLLY CHAGI PADA ATLET UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) TAEKWONDO UNIVERSITAS BENGKULU. KINESTETIK, 1(2).
  3. Asyari A.F. 2017. Hubungan Antara Panjang Tungkai Dan Keseimbangan Tungkai Dengan Hasil Tendangan Dollyo Chagi Pada Atlet Putra Sabuk Kuning Usia 18 Tahun Taekwondo Thjc Bandar Lampung. [skripsi]. Lampung. (ID). Universitas Bandar Lampung.
  4. Dofi B.A. 2004. Seni Beladiri Taekwondo. Bekasi : PT Golgen Terayon Press.
  5. Fenanlampir. A. dan Faruq. M.M. 2015. Tes dan Pengukuran Dalam Olahraga. Yogyakarta : CV Andi Offset.
  6. Ghulam N. F. 2018. Keterampilan Tendangan Dollyo Chagi Atlet Taekwondo. Bekasi : PT Golden Terayon press.
  7. Gunawan. G. A. 2007. Beladiri. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.
  8. Handoyo. A. 2010. Lari Jarak Pendek. Jakarta : Nobel Edumedia.
  9. Haryanta. A.T dan Sujatmiko. E. 2012. Kamus Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Surakarta : Aksara Sinergi Media.
  10. Pujianto.D dan Insanistyo B. 2013. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. Bengkulu : FKIP Universitas Bengkulu.
  11. Singgih I. J. 2016. Pengaruh Latihan Karet Terhadap Kecepatan Tendangan Dollyo Chagi Siswa Ekstrakulikuler Taekwondo SMAN 1 Sleman. [skripsi]. Sleman.(ID). Universitas Negeri Yogyakarta.
  12. Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi.Bandung : Alfabeta
  13. Suryadi. Y. 2003. Taekwondo Poomsae Tae Guek. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  14. Widiastuti. 2017. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.