Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan latihan bola voli di SMA N Bengkulu Tengah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan latihan, sarana dan prasarana serta pengetahuan tentang bola voli dan ekstrakurikuler di SMA N Bengkulu Tengah. Sumber data penelitian ini adalah pelatih esktrakurikuler dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA N Bengkulu Tengah, sampel yang diteliti mencakup 3 SMA yaitu SMA 1 Bengkulu Tengah, SMA 2 Bengkulu Tengah dan SMA 3 Bengkulu Tengah. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa, 1) penerapan latihan di SMA N Bengkulu tengah dijalankan dengan baik dan tepat dengan persentase 82,35%, 2) sarana dan prasarana bola voli di SMA N Bengkulu Tengah cukup memadahi dengan persentase 82,2%, dan 3) pengetahuan para siswa terhadap bola dan ekstrakurikuler sangat baik dengan persentase 82,3%.

Keywords

Penerapan latihan ekstrakurikuler bola voli sarana dan prasarana

Article Details

How to Cite
Hanggara, D., syafrial, syafrial, & Ilahi, B. R. (2018). IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA N 1, 2 DAN 3 BENGKULU TENGAH. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9182

References

  1. B. Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: RinekaCipta.
  2. Edwan, Ari, dan Bogy. 2017. “Pengaruh Metode Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Jumping Smash Bola Voli Siswa Ekstrakurikuler SMPN 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang” Jurnal Kinestetik, Vol. 1 (1).
  3. Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Novi Lestari. (2008). Melatih Bola Voli Remaja. Klaten: PT Citra Aji Parama
  5. Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era PustakaUtama.
  6. Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
  7. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.