Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan Kids Athletics Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mengungkapkan atau menyelidiki suatu keadaan yang sebenarnya . Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar Kota Di Bengkulu. Sampel penelitian adalah empat sekolah dasar yaitu SDN 19, SDN 74, SDN 02, dan SDN 01 sebanyak 129 siswa. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian yaitu kanga’s excape, lompat katak, lempar turbo dan formula 1, pada instrumen ini pelaksanaan tes Kids Athletics dilakukan 2 kesempatan ,hasil baik dar kedua kesempatan diambil sebagai skor terbaik yang diperoleh masin-masing teste.  Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan pengukuran terhadap sampel. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan Kids athletics SDN 19 Kota Bengkulu anak laki-laki berkategori kurang (46,7%), sedangkan anak perempuan  berkategori sedang (36,4%). Pada SDN 74 Kota Bengkulu anak laki-laki berkategori kurang (56,25%), sedangkan anak perempuan berkategori kurang (53,8%). Pada SDN 02 Kota Bengkulu anak laki-laki berkategori sangat kurang (90%), sedangkan anak perempuan berkategori sangat kurang (55%). Pada SDN 01 Kota Bengkulu anak laki-laki berkategori sangat kurang (90,9%), sedangkan anak perempuan berkategori sangat kurang (58,3%). Kemampuan Kids Athletics Seluruh Sekolah Dasar Kota Bengkulu berkategori sangat kurang (44,9%)

                                           

Keywords

Analisis Kids Athletics siswa SD

Article Details

How to Cite
Hindriani, D., sugiyanto, sugiyanto, & syafrial, syafrial. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KIDS ATHLETICS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9183

References

  1. Allen, Eileen K and Marotz, R Lynn. (2013). Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Jakarta : PT Indeks.
  2. Dr.H.Sutirna, M.Pd. (2013). Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta : CV.ANDI OFFSET.
  3. Dwi Taufik Saputro. (2014). Kemampuan Kids Athletics kelas IV dan V SD Negeri Bagusan Kecematan Selopampang Kabupaten Temanggung. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogakarta.
  4. Kemendikbud. (2010). Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional III (O2SN III) Sekolah Dasar Tahun 2010. Jakarta : Kemendikbud.
  5. Nuryati, Arwin, dan Bogy. 2017. “Upaya Peningkatan Proses Belajar Atletik Tolak Peluru Melalui Penerapan Media POA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 05 Kota Bengkulu”. Jurnal Kinestetik, Vol. 1 (2).
  6. Kemendikbud. (2005) .Bimbingan Teknis Pembinaan Club Olahrga SD.
  7. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  8. Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : PT Bineka Cipta.
  9. Suyono. (2002). IAAF Kids’ Athletics. Jakarta : Staff Set-IAAF RDC Jakarta.