Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pola hidup terhadap kebugaran siswa XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan angket tertutup dan tes lari 2.400 meter. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data triangulasi dan statistic deskriptif (tabulasi frekuensi). Berdasarkan hasil penelitian hasil data diproleh sehingga dibagi menjadi 2 keriteria yaitu 22 laki-laki dan 13 perempuan ternyata rata-rata kecakapan dalam dampak pola hidup terhadap kebugaran jasmani pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu untuk laki-laki dikategorikan kurang  atau 12,29% ,sedangkan perempuan sebagian besar berkategori sedang atau 16,38%. Adapun hasil angket dapat ditarik simpulan dari jawaban responden Siswa XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu memiliki kesehatan dan kebugaran yang belum terpenuhi. Pola hidup siswa belum banyak mendapat pemahaman tentang pembelajaran pola hidup dan kebugaran yang benar.

                                                         

Keywords

Pola Hidup Kebugaran

Article Details

How to Cite
Vita, S. U., sugiyanto, sugiyanto, & defliyanto, D. (2018). ANALISIS DAMPAK POLA HIDUP TERHADAP KEBUGARAN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 56–66. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9188

References

  1. Asril. (2009). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media
  2. Cd.Dirman, & Juarsih Cicih. (2014). Krakteristik Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  3. Kosasih, Engkos. (1985). http://pengertiankebugaranjasmani.blogspot.co.id/1985/10/pengertiankebugaran.html
  4. Heru, Setjyaka. (2016). Hidup Sehat, Kinerja Melesat. Yogyakarta: Sarfa
  5. Lisnawati. (2001). http://pengertianparaahli.blogspot.co.id/2001/06/pengertian-gaya-hidup-lifestyle.html
  6. Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
  7. Sarwoto, & Soetedjo, Bambang. (1933). Materi Pokok Pendidikan Kesehatan dan P3P. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud
  8. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
  9. Suharto, dkk. (2003). Pola Hidup Sehat dan Segar. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani
  10. Widanggar, dkk. (2002). Ketahuilah Tingkat Kesegaran Jasmani Anda. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.