Main Article Content

Abstract

Perilaku seorang siswa sangat berpengaruh terhadap tingkatkebugaran jasmani, mengkonsumsi makanan sesuai dengan porsi gizi yang dianjurkan, berperilaku hidup sehat yang teratur, menjaga kebersihan diri, mengetahui jenis penyakit, merupakan tolak ukur keberhasilan pencapaian prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku hidup sehat dengan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif . Populasi sebanyak 200 siswa dengan sampel  random sebesar 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu.  Untuk menganalisis data peneliti menggunakan data sekunder dengan instrument angket (kuisioner) dan TKJI. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata perilaku hidup sehat siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu berada dalam katagori baik dengan skor rata-rata = 91,75 dan nilai rata-rata kesegaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu berada dalam kategori Sedang dengan nilai skor rata-rata=15,725. Analisis menggunakan rumus Product Moment (r) dengan hasil didapat nilai r sebesar 0,6820 tersebut kemudian dikonsultasikan dengan angka kritik product moment dengan N=40. Pada tabel diketahui r tabel dengan taraf signifikan 1% sebesar 0,403 dengan demikian maka r hitung lebih besar dari pada r tabel atau 0,6820 > 0,403 dan r  0,682 ini dapat dilihat pada tabel pedoman interpretasi korelasi dengan tingkat hubungan berada pada 0,60 – 0,789 yang berarti ada hubungan antara perilaku hidup sehat dengan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu dengan tingkat hubungan dalam kategori kuat.

 

Keywords

Perilaku Hidup Sehat Kesegaran Jasmani

Article Details

How to Cite
Sari, F. R., sugiyanto, sugiyanto, & syafrial, syafrial. (2018). HUBUNGAN PERILAKU HIDUP SEHAT DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9191

References

  1. Afandi Sufuan(2015)Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sendang Ilmu.Solo
  2. Ari Kunto(2011)Metode Penelitian Aplikasi Dan Penerapan.Reneka Cipta.Jakarta.
  3. Amin Agus Sulastiano.(2009)Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Kementerian Pendidikan Nasional.Jakarta
  4. Hanif Farida Perdana(2015)Sehat itu (Bisa) Murah.Jayakarsa.
  5. Ichsan(2007)Pendidikan Kesehatan.Debdikbud.Yogyakarta
  6. Irianto Koes(2014)Panduan Kesehatan Keluarga.Yayasan essential Medica.Yogyakarta
  7. Jiwono(1996)Kesegaran Jasmani.Depdikbud.Yogyakarta
  8. Moefoedz Ichan(2007)Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan.Sendang Ilmu.Solo
  9. Mutohir Totho Cholik dan Maksum Ali(2007)Sport Development Index (Konseop,Metodologi dan aplikasi).Indeks.Jakarta
  10. Richard(2011)Kesegaran Jasmani. PT Citra Unggul Laksana.Jakarta
  11. Roji(2001).Hidup Sehat,Kineja Melejit.PT Saufa.Yogyakarta
  12. Rusli Ibrahim(200).Lingkungan Hidup dan Kesehatan.Depdiknas. Jakarta
  13. Santosa Giriwijoyo dan Komaryah Lilis(2007)Ilmu Kesehatan Olahraga(Sport Medicine).UPI.Bandung
  14. Santosa Giriwijoyo dan Zafar Sidik Didik(2014)ILMU FAAL Olahraga (Fisiologi Olahraga).Remaja Rosdakarya Bandung
  15. Sarwoto dan Soetedjo Bambang (1993)Pendidikan Kesehtan dan P3P.Jakarta.
  16. Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
  17. __________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia