Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan kelas olahraga di SMP Negeri Kota Bengkulu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga di SMP Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian deskriptif analitik. Subjek Penelitian ini adalah kepala sekolah, pengurus, pelatih dan siswa kelas olahraga SMP Negeri 2, SMP Negeri 18 dan SMP  Negeri 16 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data  dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kebijakan kelas olahraga dimandatkan oleh Kemendikbud RI, implementasi kebijakan kelas olahraga belum sepenuhnya sesuai dengan panduan pelaksanaan kelas olahraga dapat dilihat dari belum adanya fasilitas khusus untuk kelas olahraga, minimnya dana, ketidakteraturan jadwal latihan kondisi fisik, kurangnya pengawasan dari pemerintah, sehingga bisa menghambat tercapainya tujuan kelas olahraga di  SMP  Kota Bengkulu. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kelas olahraga di SMP Kota Bengkulu belum berjalan sebagaimana mestinya.

Keywords

Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga

Article Details

How to Cite
Oktavina, L., Sugihartono, T., & Sutisyana, ari. (2018). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS OLAHRAGA DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9193

References

  1. Abidin.(2006). Kebijakan Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Agustina.(2006). Konsep Kebijakan Publik Substantif dan Prosedural. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  3. Ahmadi, Ruslam.(2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Ar-ruzz Media
  4. Alfiriani.(2016). Implementasi Kebijakan Kelas Olahraga di SMA Negeri 1 Sewon. S1 Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
  5. B.Suryosubroto.(2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Dian Pujianto dan Bayu Insanistyo.(2017). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. FKIP Universitas Bengkulu
  7. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
  8. Greston.(2002). Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik Dan Implementasinya Bandung:Alfabeta.
  9. Harsuki.(2012). Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  10. Kompri.(2014). Manajemen Sekolah. Bandung:Alfabeta
  11. Pitaloka, Septi Rizki.(2017). Implementasi Pembinaan Klub Bola Voli Usia Dini Di Sekolah Dasar Kota Bengkulu. S1 Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan
  12. Sudjana, Nana.(2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
  13. Sugiyono.(2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
  14. Syafaruddin (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Tangkudung, James. (2012). Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya
  16. __________,(2016).Macam-macam Metodologi Penelitian. Jakarta: Lensa Media Pustaka Indonesia