Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui bahasa pada slogan di Kota Bengkulu. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah jenis
slogan, diksi slogan, dan jenis kalimat slogan. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi. Langkah-langkah analisis data menggunakan
teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian analisis slogan di Kota Bengkulu
berdasarkan jenis-jenis slogan terdapat 6 yaitu : Slogan Motivasi (M), Slogan Lalu
Lintas (LL), Slogan Lingkungan (L), Slogan Pendidikan (P), Slogan Kesehatan (K),
Slogan Produk (PM). Slogan yang paling banyak yaitu slogan motivasi (M) berjumlah
16 dari jumlah keseluruhan 35 slogan, sedangkan yang paling sedikit yaitu slogan
produk (PM) berjumlah 2, slogan kesehatan (K) berjumlah 2. Slogan di Kota
Bengkulu berdasarkan diksi terdapat 6 macam yaitu : pemakaian kata asing,
pemakaian kata bersinonim, pemakaian kata pilihan umum, pemakaian kata abstrak
dan konkret, pemakaian kata denotasi dan konotasi negatif, dan pemakaian jargon.
Diksi yang paling banyak digunakan dalam slogan yang telah ditemukan di kota
Bengkulu yaitu pemakaian kata umum dengan jumlah 12. Diksi yang paling sedikit
digunakan dalam slogan yang telah ditemukan di kota Bengkulu yaitu pemakaian
jargon berjumlah 1. Namun, ada 3 slogan yang menggunakan diksi kasar. Slogan di
Kota Bengkulu berdasarkan jenis kalimat yang paling banyak digunakan pada slogan di Kota Bengkulu yaitu kalimat ajakan (P) dengan jumlah 35. Dari keseluruhan slogan ada 3 slogan yang menggunakan kata ayo dan mari, serta ada 3 slogan yang menggunakan perihal lah yang mempunyai tujuan mempertegas kalimat ajakan pada slogan tersebut.


Kata Kunci : Slogan, Diksi, Jenis Kalimat

Article Details

How to Cite
Lastri, D., Utomo, P., & Trianto, A. (2020). ANALISIS SLOGAN DI KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10194

References

  1. Chaer, A. 2004. Sosiolinguistik . Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
  2. Dendy dkk. 2001. Kalimat. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Keraf, G. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  4. Kosasih. 2007. Bahasa Indonesia/Kementerian Pendidikan
  5. dan Kebudayaan . Jakarta: PT Gramedia.
  6. Lestari, S. 2013. Kajian Ragam Bahasa Slogan Pada Papan Reklame di Kota
  7. Medan (Kajian Sosiolinguistik). 5.
  8. Pandri. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Slogan dengan Menggunakan Gambar Siswa Kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah Pagar
  9. Alam. Universitas Bengkulu, 13.
  10. Trianto, A. 2007. Pasti Bisa Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta