Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menyimak kritis  dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini semua siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu yang berjumlah 196 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling atau sampel acak sebanyak 25% dari jumlah populasi, yaitu 49 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan menyimak kritis pidato ini di nilai dari 9 indikator, yaitu menentukan masalah, bahasa yang tidak lazim, kekeliruan atau penyebutan kata yang salah, menentukan fakta dan opini, kebiasaan-kebiasaan ujaran, menentukan masalah yang masih bersifat praduga, menentukan informasi baru dan tambahan, menentukan pokok permasalahan, dan membuat kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung rata-rata atau mean. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan menyimak kritis dengan media audio visual pada siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 09 Kota Bengkulu adalah 58,08 dengan kategori (cukup). Bagi siswa, hendaknya lebih meningkatkan lagi dan bersemangat lagi dalam proses pembelajaran menyimak kritis. Bagi guru, hendaknya lebih menekankan menegenai pembelajaran menyimak kritis siswa.

Kata Kunci: Kemampuan, Menyimak, Kritis, Dengan, Media, Audio, Visual

Article Details

How to Cite
Narapadia, F., Yulistio, D., & Suhartono, S. (2020). KEMAMPUAN MENYIMAK KRITIS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPA DAN IPS SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 166–173. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10200

References

  1. Aryani, Didit. 2016. "Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIIA SMP Taman Siswa Teluk Betung BandarLampung Tahun Pembelajaran 2015/2016". Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: UNILA.
  2. Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Prasetyo, Bambang., & Jannah, Lina Miftahul. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Saddhono, Kundharu., & Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  5. Sugiyono. 2006. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: ALFABETA.
  6. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung: Angkasa.
  7. Yulistio , Didi. 2001. Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit Unib Press.