Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Unib edisi terbit tahun 2018 yang ditinjau dari bidang ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu menganalisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018 yang ditinjau dari bidang ejaan, diksi, kalimat dan paragraf. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa ditemukan kesalahan ejaan, kesalahan diksi, kesalahan kalimat, dan kesalahan paragraf pada jurnal ilmiah pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018. Perhitungan secara keseluruhan berdasarkan kesalahan ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf. Dapat disimpulkan bahwa total kesalahan penggunaan bahasa Indonesia terbanyak pada jurnal MIPA FKIP Universitas Bengkulu edisi terbit tahun 2018 terdapat pada bidang ejaan.

Kata kunci: kesalahan berbahasa, bahasa Indonesia, jurnal MIPA

Article Details

How to Cite
Dinanti, N. F., Susetyo, S., & Utomo, P. (2020). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MIPA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 191–202. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10203

References

  1. Akhadiah, Sabarti., dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  2. Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah.
  3. Keraf, Gorys. 1994. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
  4. Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
  5. Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
  6. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualittaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  7. Sutopo, Ariesto. 2016. Menulis dan Mengelola Jurnal Bereputasi. Yogyakarta: Morfalingua.