Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh diksi dan mendeskripsikan hasil temuan terkait dengan penggunaan diksi dalam karangan narasi dan selanjutnya akan dijadikan sebagai sumber belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi dokumen atau mengambil lembar kerja anak. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan penggunaan diksi khususnya ketepatan penggunaan diksi, dengan 10 persyaratan ketepatan penggunaan diksi dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh 81 data dari 42 karangan narasi siswa. Dari 10 jenis persyaratan ketepatan diksi yang  dianalisis diperoleh hasil ketidaktepatan penggunaan diksi sebagai berikut: penggunaan kata umum dan khusus 11.11%, penggunaan kata konotatif dan denotatif 27.16 %, penggunaan kata yang hampir bersinonim 35.81%, penggunaan kata idiom 4.93%, kelangsungan pilihan kata 11.11%, dan penggunaan kata indra 9.87%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII banyak menggunakan diksi bersinonim pada karangan narasi yang mereka buat dan ketidaktepatan yang ditemukan hanya sedikit, sebagian besar sudah tepat dan sesuai mereka gunakan pada karangan narasi.

Kata Kunci: Diksi, Karangan Narasi

Article Details

How to Cite
Nufrianti, S., Ariesta, R., & Kurniawan, R. (2020). PENGGUNAAN DIKSI DALAM KARANGAN NARASI FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 221–227. https://doi.org/10.33369/jik.v3i2.10225

References

  1. Arifin, Zaenal dan Amran Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo.
  2. Chaer, Abdul. 2012.Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
  4. Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
  5. Marahimin,Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
  6. Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
  7. Suwarna, Dadan. 2012. Cerdas Berbahasa Indonesia. Ciputat: Jelajah Nusa.
  8. Tarigan, Jjago dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.