Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye (2) Mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong yang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di SMA Negeri 1 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) nilai moral dalam novel Ayahku yaitu selalu bersyukur serta memiliki hati yang lapang dan bersih. Berkata jujur dan disiplin dalam waktu dan menaati peraturan. Memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal yang baru. Merasa bahagia dalam keluarga dengan hidup sederhana. Sabar dalam menghadapi kezaliman. Memiliki hubungan harmonis dalam keluarga. Peduli dengan orang lain dengan memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan, memberikan sikap yang bersahabat kepada orang lain, serta peduli lingkungan dengan cara lebih mencintai dan menjaga alam mencerminkan individu yang memiliki hubungan sosial yang baik. (2) nilai moral dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong yang telah dianalisis dapat dijadikan alternatif bahan pembelajaran sastra di SMA Negeri 1 Seluma guna memberikan pendidikan moral.

Article Details

How to Cite
Lesfatia, E., Amrizal, A., & Chanafiah, Y. (2021). NILAI MORAL DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE: SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN SATRA DI SMA NEGERI 1 SELUMA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.10706

References

  1. Bertens, K. (2007).Etika. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
  2. Emzir & Rohman, Saifur. (2016). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Unniversity Press.
  4. Pradopo, R. D. (2002). Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.
  5. Youpika, Fitra. (2019). “Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra” . Jurnal Pendidikan Karakter. Th IX, No.2, Oktober, hlm.51.
  6. Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Liye, Tere. (2018). Ayahku (Bukan) Pembohong. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.