Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemertahanan bahasa Pasemah dan faktor- faktor penyebab pemertahanan bahasa Pasemah di Desa Babatan Kecamatan Seginim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan masyarakat suku Pasemah yang tinggal di Desa Babatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik rekam, wawancara, dan angket. Langkah- langkah analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) mereduksi data angket, wawancara, dan rekaman (2) analisis data, (3) verifikasi. Hasil analisis data penelitian sebagai berikut: (1) pemertahanan bahasa Pasemah terjadi pada ranah keluarga, ranah lingkungan bermain, ranah pekerjaan, dan ranah masyarakat yakni (a) anggota masyarakat yang sejak kecil menggunakan bahasa Pasemah (b) menikah sesama suku (c) ruang lingkup pergaulan yang terbatas. Pemertahanan bahasa Pasemah dipengaruhi oleh beberapa faktor (1) sikap anggota masyarakat terhadap bahasanya sendiri atau loyalitas masyarakat, (3) pewarisan bahasa antar generasi, (4) konsentrasi wilayah.

Article Details

How to Cite
Randa, G., Supadi, S., & Basuki, R. (2020). PEMERTAHANAN BAHASA PASEMAH DI DESA BABATAN KECAMATAN SEGINIM. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.12426

References

  1. Chaer, Abdul dan Agustina. (1995). Sosiolinguistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Fasold, Ralph. (1984) The sociolinguistics of Society. Cambridge: Cambridge Universitas Press
  3. Pangestu, Arif Apriyadi. (2015). Analisis Kekerabatan Antarbahasa di Pro vinsi Bengkulu. Bengkulu: Univer sitas Bengkulu (Skripsi).
  4. Sumarsono. (1993). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.
  5. Nisa, Lani Dwi Cahya. (2018). Pemertaha nan dan Pergeseran Bahasa Serawai di Kecamatan Tebat Karai. Bengkulu: Universitas Bengkulu (Skripsi)
  6. Mahesa, Yolanda. (2017). Pemertahanan dan Pergeseran Bahasa Rejang. Bengkulu: Universitas Bengkulu (Tesis)