PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (K13) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2018-2019

Novita Mareza(1), Susetyo Susetyo(2), Rio Kurniawan(3),
(1) , Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui pelaksanaan pembelajaran teks eksposisi berdasarkan kurikulum 2013 (K13). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran teks eksposisi berdasarkan kurikulum 2013 (K13)Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung (observasi), wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu menganalisis pelaksanaan pembelajaran teks eksposisi berdasarkan Kurikulum 2013 (K13) pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran teks eksposisi berdasarkan Kurikulum 2013 (K13). Penerapan model yang digunakan oleh guru cukup efektif dan penggunaan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dengan menggunakan pada model pembelajaran berbasis masalah, model diskusi, dan model pembagian tugas, model pendekatan komunikatif tidak ditemukan kesulitan. Penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan mempertimbangkan kondisi siswa sudah sesuai dan relevan dengan kurikulum 2013 yang menitik beratkan pada siswa.

Keywords


Pelaksanaan Model Pembelajaran, Teks Eksposisi, Kurikulum 2013 (K13)

References


Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta. Gava Media.

Jauhari, Heri. 2018. Terampil Mengarang. Bandung. Nuansa Cendekia.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Rochman, Chaerul, & Majid, Abdul. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sujadi & Sunardi.2017. Perencanaan dan pelaksana pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulis. Malang. UMM Press.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.12427

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Novita Mareza, Susetyo Susetyo, Rio Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id