Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengenalan cerita asal-usul Empat Lawang dan mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal yang dapat disampaikan siswa dalam cerita rakyat asal-usul Empat lawang melalui rekonstruksi/cerita ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa hasil dari siswa melalui pengenalan yang telah dilakukan. Sumber data dari penelitian adalah cerita rakyat Asal-usul Empat Lawang. Lokasi penelitian dilakukan di SMK N 1 Empat Lawang. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini siswa mengetahui cerita asal-usul Empat Lawang sehingga siswa mengenal dan mampu untuk menceritakannya kembali cerita yang sebelumnya telah dikenalkan. Cerita rakyat ini memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya, siswa sudah dapat menemukan serta menuliskan kembali nilai-nilai kearifan lokal tersebut dengan tujuan agar siswa dapat belajar dari nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita rakyat asal-usul Empat Lawang.

Article Details

How to Cite
Rikeyana, P., Agustina, E., & Chanafiah, Y. (2020). PENGENALAN CERITA RAKYAT ASAL-USUL EMPAT LAWANG DI SMK N 1 EMPAT LAWANG SEBAGAI PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.12428

References

  1. Danandjaja, Foklor Indonesia ; ilmu gosip, dongeng dan lain-lainnya. Jakarta, 2002.
  2. Nurgiyantoro, Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: UGM Press 2005
  3. Sudjiman, Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Gramedia,1986
  4. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
  5. Sisyono dan Yohanes, Foklor Jawa di daerah aliran sungai bengawan solo dan sumbangan terhadap pelestarian lingkungan (penelitian ilmiah dalam jurnal pendidikan UNS No buku PDM 08 (18)