Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa berdasarkan maksim Geoffrey Leech pada siswa dan guru di SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa Indonesia tidak hanya terdapat dalam wacana tulis akan tetapi juga terdapat dalam wacana lisan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari antara penutur dan mitra tutur. Baik di lingkungan keluarga atau lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, rekaman dan catat berupa data tuturan. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah (1) mentranskripsikan data (2) mengidentifikasi data (3) mengklasifikasi data (4) menganalisis data (5) menyimpulkan data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa Indonesia siswa dan guru di SMP Negeri 03 Kota Bengkulu ditemukan bentuk-bentuk pematuhan dan pelanggaran kesantunan yang mencakup maksim kebijaksanaan, maksim penghargaan, maksim permufakatan dan maksim kesimpatian.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Veronika, R., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2020). ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DAN GURU SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.12429
References
- Ahmad, Z.A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
- Cummings, L. (2007). Pragmatik. Penerjemah: Eti Setiawati dkk Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Dari, A.W. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi, 86.
- Rahardi, K. (2006). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
- Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Leech, G. (2015). Prinsip-prinsip Pragmatik. penerjemah: Oka, M.D Jakarta: Universitas Indonesia.
References
Ahmad, Z.A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Cummings, L. (2007). Pragmatik. Penerjemah: Eti Setiawati dkk Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dari, A.W. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu. Skripsi, 86.
Rahardi, K. (2006). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Leech, G. (2015). Prinsip-prinsip Pragmatik. penerjemah: Oka, M.D Jakarta: Universitas Indonesia.