PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Rini Puspita(1), Agus Joko Purwadi(2), Rio Kurniawan(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) perencanaan pembelajaran debat Bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu, dan 2) pelaksanaan pembelajaran debat Bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif yang dilakukan dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan verification/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran debat bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dilihat dari perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sudah melengkapi format komponen-komponen perencanaan pembelajaran, namun pada langkah-langkah pembelajaran guru belum mengarah dan kurang sesuai dengan metode pembelajaran, tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian yang tercantum dalam RPP buatan guru. Pencapaian yang telah didapatkan yaitu telah terlaksanakannya pembelajaran dengan langkah pembelajaran yaitu: (1) kegiatan pendahuluan yang mencakup menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis, mengondisikan kelas dengan peserta didik memberi salam pada setiap pertemuan, serta guru memberi penjelasan konsep, tujuan, metode, dan prosedur pembelajaran. (2) kegiatan inti pembelajaran yang mencakup penjelasan materi dengan metode ceramah, pemberian tugas dengan cara bervariasi baik secara individual maupun kelompok. (3) kegiatan penutup yang meliputi refleksi/penarikan kesimpulan dan menutup pembelajaran pada akhir pertemuan. Pada langkah–langkah pembelajaran ada beberapa kegiatan yang tidak berjalan seperti pemberian apersepsi, pemberian motivasi, dan refleksi pada akhir pembelajaran.

Keywords


pembelajaran, debat, perencanaan, pelaksanaan

References


Chaer, A. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Harjanto, (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Permendiknas. (2003). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Saddhono, K. (2014). Pembelajara Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.12609

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rini Puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id