KEMAMPUAN MENULIS CERITA INSPIRATIF BERDASARKAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Thossi Adios(1), Padi Utomo(2), Ria Ariesta(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu pada bulan Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 254 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 20% dari jumlah populasi berdasarkan teori persentase. Kemampuan menulis cerita inspiratif ini dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur,diksi, kalimat, dan ejaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian dalam menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dikategorikan cukup, sedangkan berdasarkan rumusan masalah secara khusus yang berupa kesesuaian isi dengan tema dikategorikan sangat baik, mengorganisasikan struktu dalam cerita inspiratif dikategorikan sangat baik, pengunaan diksi dikategorikan cukup, penggunaan kalimat dikategorikan cukup dan penggunaan ejaan pada cerita inspiratif dikategorikan cukup.


Keywords


kemampuan menulis, cerita inspiratif, media visual

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Dalman. 2016. Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, M. Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putrayasa, Ida. 2010. Kalimat Efektif. Bandung: Refika Aditama.

Trinto, Agus. Titik Harsiati. E. Kosasih. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.

Setiyaningsih dan Meita. 2019. Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Pariwara.

Wibowo. 2016. Prilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13000

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Thossi Adios

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id