Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu pada bulan Maret 2020. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 254 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 20% dari jumlah populasi berdasarkan teori persentase. Kemampuan menulis cerita inspiratif ini dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur,diksi, kalimat, dan ejaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa penugasan kepada siswa untuk menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian dalam menulis cerita inspiratif berdasarkan media visual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dikategorikan cukup, sedangkan berdasarkan rumusan masalah secara khusus yang berupa kesesuaian isi dengan tema dikategorikan sangat baik, mengorganisasikan struktu dalam cerita inspiratif dikategorikan sangat baik, pengunaan diksi dikategorikan cukup, penggunaan kalimat dikategorikan cukup dan penggunaan ejaan pada cerita inspiratif dikategorikan cukup.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
- Dalman. 2016. Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
- Purwanto, M. Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Putrayasa, Ida. 2010. Kalimat Efektif. Bandung: Refika Aditama.
- Trinto, Agus. Titik Harsiati. E. Kosasih. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
- Setiyaningsih dan Meita. 2019. Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Pariwara.
- Wibowo. 2016. Prilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Dalman. 2016. Keterampilan menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto, M. Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putrayasa, Ida. 2010. Kalimat Efektif. Bandung: Refika Aditama.
Trinto, Agus. Titik Harsiati. E. Kosasih. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Setiyaningsih dan Meita. 2019. Bahasa Indonesia. Yogyakarta: PT Pariwara.
Wibowo. 2016. Prilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.