Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan menulis teks eksplanasi yaitu kesulitan menulis dari faktor internal, faktor eksternal, struktur dan kaidah kebahasaan. Kesulitan yang paling banyak dihadapi siswa dari segi faktor internal yaitu menentukan topik yang menarik 78,8%. Kesulitan dominan dihadapi oleh siswa dari segi faktor eksternal yakni berhubungan dengan waktu pembelajran sebesar 58,3%. Kesulitan menulis teks eksplanasi paling banyak dihadapi oleh siswa pada struktur teks eksplanasi yakni membedakan batasan umum dan deret penjelas (batasan antara pernyataan sebab dan akibat) sebesar 69,2%. Kesulitan menulis teks eksplanasi paling banyak dihadapi oleh siswa pada penggunaan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada bidang keilmuan khusus sebesar 63,5%.

Article Details

How to Cite
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). KESULITAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIISMPNEGERI 14 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100

References

  1. Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Darmadi, K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: ANDI.
  3. Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
  4. Kosasih, E. (2016). Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta : Erlangga.
  5. Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  6. Mawardi, dodi. (2009). Cara Mudah Menulis Buku. Jakarta: Raih Asa Sukses.
  7. Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum
  8. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  9. Saputra, N. W. (2019). Kajian Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Bengkulu. Diksa Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 1. https://scholar.google.co.id/citations?user=chfV5LoAAAAJ&hl=id Diakses Tanggal 28 Februari 2020
  10. Suherly. (2017). Guru Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
  11. Susetyo. (2009). Menulis Akademik. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
  12. Trianto, Agus. (2020). Genre, Tipe Teks Lokasi Sosial 2. Bengkulu: YouTube Agus Trianto Channel. https://youtu.be/0JTnw9KPoN0 Diakses Tangggal 14 September 2020
  13. Wassid, I. (2008) Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.