Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan menulis teks eksplanasi yaitu kesulitan menulis dari faktor internal, faktor eksternal, struktur dan kaidah kebahasaan. Kesulitan yang paling banyak dihadapi siswa dari segi faktor internal yaitu menentukan topik yang menarik 78,8%. Kesulitan dominan dihadapi oleh siswa dari segi faktor eksternal yakni berhubungan dengan waktu pembelajran sebesar 58,3%. Kesulitan menulis teks eksplanasi paling banyak dihadapi oleh siswa pada struktur teks eksplanasi yakni membedakan batasan umum dan deret penjelas (batasan antara pernyataan sebab dan akibat) sebesar 69,2%. Kesulitan menulis teks eksplanasi paling banyak dihadapi oleh siswa pada penggunaan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada bidang keilmuan khusus sebesar 63,5%.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Darmadi, K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: ANDI.
- Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
- Kosasih, E. (2016). Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta : Erlangga.
- Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Mawardi, dodi. (2009). Cara Mudah Menulis Buku. Jakarta: Raih Asa Sukses.
- Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum
- Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Saputra, N. W. (2019). Kajian Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Bengkulu. Diksa Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 1. https://scholar.google.co.id/citations?user=chfV5LoAAAAJ&hl=id Diakses Tanggal 28 Februari 2020
- Suherly. (2017). Guru Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
- Susetyo. (2009). Menulis Akademik. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
- Trianto, Agus. (2020). Genre, Tipe Teks Lokasi Sosial 2. Bengkulu: YouTube Agus Trianto Channel. https://youtu.be/0JTnw9KPoN0 Diakses Tangggal 14 September 2020
- Wassid, I. (2008) Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, K. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: ANDI.
Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Kosasih, E. (2016). Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta : Erlangga.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mawardi, dodi. (2009). Cara Mudah Menulis Buku. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Saputra, N. W. (2019). Kajian Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Bengkulu. Diksa Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 1. https://scholar.google.co.id/citations?user=chfV5LoAAAAJ&hl=id Diakses Tanggal 28 Februari 2020
Suherly. (2017). Guru Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Susetyo. (2009). Menulis Akademik. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Trianto, Agus. (2020). Genre, Tipe Teks Lokasi Sosial 2. Bengkulu: YouTube Agus Trianto Channel. https://youtu.be/0JTnw9KPoN0 Diakses Tangggal 14 September 2020
Wassid, I. (2008) Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.