Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk campur kode, jenis campur kode, dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam kegiatan pembelajaran di kelas rendah Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah bahasa guru saat interaksi dengan peserta didik dalam pembelajaran di kelas satu, dua, dan tiga Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Data dalam penelitian ini berupa ujaran guru saat interaksi dengan peserta didik yang mengandung campur kode dalam pembelajaran di kelas satu, dua, dan tiga di Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Langkah pengumpulan data dalam penelitian ini dengan perekaman dan pewawancaraan. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini (1) pentranskripsian data, (2) pengidentifikasian data, (3) pengklasifikasian data, (4) penginterpretasian data, (5) penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk campur kode kata meliputi bentuk kata verba, nomina, adjektiva, adverbia, pronomina, konjungsi, interogativa, demonstrativa, numeralia. Sementara itu, bentuk frasa verba, nomina, pronomina, adverbia, numeralia, interogativa, dan demonstrativa. Jenis-jenis campur kode dalam pembelajaran kelas rendah meliputi jenis campur kode ke dalam, dan campur kode ke luar, serta campur kode campuran. Peristiwa campur kode ke luar bersumber dari bahasa Indonesia yang disisipkan bahasa Inggris. Campur kode ke dalam bersumber dari bahasa daerah dan campur kode campuran bersumber dari bahasa daerah dan bahasa Inggris. Faktor penyebab terjadinya campur kode meliputi faktor fungsi dan tujuan, mitra bicara, pembicara dan pribadi pembicara.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdul Chaer, Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguitik Perkenalan Awal. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
- Aslinda, Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Pt Refika Aditama.
- Letiraismayani, Kd, I Ngh Suandi, And I Nym Sudiana. 2016. “Campur Kode Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 Sd Negeri 3 Gerokgak,” No. 1.
- Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. 2003. “Uu-Ri-No.20-2003.” Http://Kelembagaan.Ristekdikti.Go.Id/Wd-Content/Uploads/2016/08/Uu_No_20_Th_2002.
- Suandi, I Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Suwito. 1983. Sosiolinguistik Teori Dan Problema. 2nd Ed. Surakarta: Henary Offset Solo.
- Wardhana, Dian Eka Chandra. 2006. “Representasi Tindak Tutur Direktif Penutur Jawa Pendatang Dalam Komunikasi Lisan Masyarakat Multietnik Di Bengkulu.” Universitas Negeri Malang.
References
Abdul Chaer, Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguitik Perkenalan Awal. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Aslinda, Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Pt Refika Aditama.
Letiraismayani, Kd, I Ngh Suandi, And I Nym Sudiana. 2016. “Campur Kode Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 Sd Negeri 3 Gerokgak,” No. 1.
Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. 2003. “Uu-Ri-No.20-2003.” Http://Kelembagaan.Ristekdikti.Go.Id/Wd-Content/Uploads/2016/08/Uu_No_20_Th_2002.
Suandi, I Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suwito. 1983. Sosiolinguistik Teori Dan Problema. 2nd Ed. Surakarta: Henary Offset Solo.
Wardhana, Dian Eka Chandra. 2006. “Representasi Tindak Tutur Direktif Penutur Jawa Pendatang Dalam Komunikasi Lisan Masyarakat Multietnik Di Bengkulu.” Universitas Negeri Malang.