Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 374 siswa.  Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yaitu sampel acak sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu 75 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes tulis yang dikerjakan siswa. Kemampuan menulis surat lamaran kerja ini dinilai dari tiga aspek, yaitu kesesuaian isi surat, sistematika surat, dan kebahasaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bengkulu adalah 74,22 dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan menulis surat lamaran kerja siswa berdasarkan aspek kesesuaian isi surat adalah 32,67 dengan kategori sangat baik. Rata-rata kemampuan menulis surat lamaran kerja siswa berdasarkan aspek sistematika surat adalah 26,38 dengan kategori sangat baik. Rata-rata kemampuan menulis surat lamaran kerja siswa berdasarkan aspek kebahasaan adalah 15,17 dengan kategori baik. 

Article Details

How to Cite
Nariyah, A., Arifin, M., & Ariesta, R. (2021). KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN KERJA BERDASARKAN IKLAN SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13414

References

  1. Awalludin. (2020). Hubungan Pemahaman tentang Surat-Menyurat terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Oku. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 31. https://ejurnal.unib.ac.id/ index.php/jurnaldiksa/article/view/11436/5861
  2. Istiqomah, M. S. (2018). Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  3. Jakaria, I. (1999). Multiputpose Letter. Bandung: CV Pustaka Setia.
  4. Ferdinansyah. (2007). Mari Membuat Surat. Pontianak: Wpp.
  5. Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  6. Mariskha, Z. (2015). Memahami Surat Formal Disertai Berbagai Macam Contoh Surat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  7. Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian dan Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi . Yogyakarta: BPFE.
  8. Pratama, A. (2000). Teknik Menulis Surat Menyurat Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.
  9. Suandi, I. N. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: RajaGrafindo Persada.
  10. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  11. Thoifah, I. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.
  12. Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. Litera, 12(1), 98, dio:10.21831/ltr.v12i01.1331