KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SELUMA

Astri Lidia Putri(1), Didi Yulistio(2), Padi Utomo(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Seluma yang berjumlah 173 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purpusive yaitu sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa siswa diberikan tugas menulis teks laporan hasil observasi dengan alokasi waktu 60 menit. Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi ini dinilai dari lima aspek, yaitu aspek isi, aspek struktur, aspek diksi, aspek kalimat efektif, dan aspek ejaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma adalah 63,75 dengan kategori cukup. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada berdasarkan aspek isi adalah 18,44 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa berdasarkan aspek struktur 14,75 dengan kategori cukup, rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa berdasarkan aspek diksi 11.80 dengan kategori cukup, rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa berdasarkan aspek kalimat efektif 10.05 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa berdasarkan aspek ejaan 8,69 dengan kategori cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma  telah dapat menulis teks laporan hasil observasi sudah cukup baik. Meskipun masih ada beberapa siswa dalam menulis dinyatakan kurang baik, namun secara keseluruhan para siswa sudah dapat menulis teks laporan hasil observasi.

Keywords


kemampuan; menulis; teks laporan hasil observasi;

References


Ayudia, Dkk. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi PadaSiswa SMP BASASTRA . Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Volume 4 Nomor 1, April 2016, 12302-6405.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 81A Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterapilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Priyatni, E. T. (2017). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto, A. etc (2018) Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas IX di SMP/MTS. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, balitbang, Kemendikbud..




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Astri Lidia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id