Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan menulis puisi dengan tema pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 340 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan simple sampling purposive yaitu sampel berdasarkan pertimbangan kriteria-kriteria tertentu dengan jumlah sampel yaitu 52 orang siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa tes menulis puisi yang dikerjakan siswa. Kemampuan menulis puisi dengan tema pandemi Covid-19 ini dinilai dari lima aspek, yaitu kesesuaian tema dan isi puisi, pilihan kata atau diksi, imajinasi, gaya bahasa dan rima/ritma. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik desktiftif dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis puisi dengan pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Bengkulu adalah 62,52 dengan kategori cukup. Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa dengan tema pandemi Covid-19 berdasarkan aspek kesesuaian tema dan isi puisi adalah 19,03 dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa dengan tema pandemi Covid-19 berdasarkan aspek pilihan kata atau diksi adalah 12,63 dengan kategori cukup. Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa dengan tema pandemi Covid-19 berdasarkan aspek imaji adalah 13,19 dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa dengan tema pandemi Covid-19 berdasarkan aspek gaya bahasa adalah 11,31dengan kategori cukup. Rata-rata kemampuan menulis puisi siswa dengan tema pandemi Covid-19 berdasarkan aspek rima/ritma adalah 6,31 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikesimpulan bahwa kemampuan menulis puisim siswa termasuk pada kategori cukup dimana siswa masih mengalami kesulitan menulis puisi berdasarkan unsur-unsur pembangun puisi. Hal ini diharapkan perlu adanya peningkatan lagi supaya kedepannya keterampilan menulis puisi siswa dapat lebih maksimal karena hal tersebut menunjukkan bahwa siswa belum baik dalam menulis puisi berdarkan unsur-unsur pembangunnya.
Kata kunci: kemampuan menulis, puisi, pandemi Covid-19
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
- Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada.
- Mulyati, Y. (2002). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Suwarna, D. (2012). Trik Menulis Puisi, Cerpen, Resensi Buku, Opini/Esai. Yogyakarta: Jelajah Nusa.
- Paules CI, Marston HD, Fauci AS. Infeksi Coronavirus – lebih dari Sekedar Pilek. JAMA. 2020; 323 (8): 707-708. Doi:10.1001 / jama.2020.0757
- Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit. Jenis Human Coronavirus. 15 Februari 2020. https://www.cdc.gov/coronavirus/types.html.
- Pradopo, Rachmat Djoko. (1970). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Prees.15.
- Waluyo, J. H. (2006). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga. Widya Sari Press Salatiga.
- Wiyatmi, M. S. (2012). Puisi Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
- Ririn Anggraini. (2020). Kemampuan Menulis Puisi dengan Tema Hidup Sehat Pada Siswa Kelas X Tata Boga SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 3, No 2: Januari 2020 https:// https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/issue/view/798
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Mulyati, Y. (2002). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suwarna, D. (2012). Trik Menulis Puisi, Cerpen, Resensi Buku, Opini/Esai. Yogyakarta: Jelajah Nusa.
Paules CI, Marston HD, Fauci AS. Infeksi Coronavirus – lebih dari Sekedar Pilek. JAMA. 2020; 323 (8): 707-708. Doi:10.1001 / jama.2020.0757
Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit. Jenis Human Coronavirus. 15 Februari 2020. https://www.cdc.gov/coronavirus/types.html.
Pradopo, Rachmat Djoko. (1970). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Prees.15.
Waluyo, J. H. (2006). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga. Widya Sari Press Salatiga.
Wiyatmi, M. S. (2012). Puisi Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Ririn Anggraini. (2020). Kemampuan Menulis Puisi dengan Tema Hidup Sehat Pada Siswa Kelas X Tata Boga SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 3, No 2: Januari 2020 https:// https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/issue/view/798